Kamis, 25/04/2024 07:55 WIB

Hari Ini Napi Narkoba "Bali Nine" Dibebaskan

Pembebasan itu setelah dikurangi remisi hari kemerdekaan dan hari raya keagamaan, juga ditambah pidana subsider enam bulan karena tak sanggup membayar denda Rp1 miliar.

Narapidana Narkoba "Bali Nine", Renae Lawrence

Jakarta  – Hari ini (21/11) Renae Lawrence warga negara Australia yang terkenal merupakan salah satu dari  jaringan narkoba "Bali Nine" dibebaskan dari Rumah Tahanan (Rutan) Bangli, Denpasar.

Pasalnya, Lawrence sudah selesai menjalankan pidana berdasarkan putusan Pengadilan Tinggi Denpasar dengan pidana penjara 20 tahun serta denda 1 miliar atau subsider enam bulan.

“Lawrence menjalankan pidana sejak 13 April 2016 hingga hari ini,” ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Bali, Maryoto Sumadi.

Pada kasus ini, Lawrence berencana menyelundupkan heroin dari Indonesia ke negaranya pada April 2005. Pelaku melilitkan heroin tersebut ke tubuh dan hendak kembali ke Australia secara bertahap. Namun rencana tersebut gagal, aparat mengendus aksi itu dan menangkap mereka di Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Dikatakan Maryoto, pembebasan itu setelah dikurangi remisi hari kemerdekaan dan hari raya keagamaan, juga ditambah pidana subsider enam bulan karena tak sanggup membayar denda Rp1 miliar.

Surat Keterangan Bebas Lawrence, ujar Maryoto, sudah diteken oleh Kepala Rumah Tahanan Negara Bangli. Dan hasil pemeriksaan kesehatan, katanya lagi, juga menyimpulkan Lawrence dalam kondisi sehat.

Setelah ini, kata Maryoto dilansir Anadolu, akan ada serah terima narapidana tersebut dari Rutan Bangli ke Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar. Serah terima tersebut perlu dilakukan, menurut Maryoto, karena Lawrence tidak memiliki izin tinggal yang masih berlaku di Indonesia.

“Sesuai dengan ketentuan UU No 6 tahun 2011 tentang Keimigrasian, dia akan dikenakan tindakan administrasi berupa pendeportasian,” kata Maryoto.

Saat ini, ujar Maryoto, Lawrence akan diantar ke Bandara Internasional Ngurah Rai dan akan ditempatkan di ruang penampungan orang asing sementara sambil menunggu jadwal pulang.

KEYWORD :

Renae Lawrence Narapidana Narkoba Australia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :