Sabtu, 25/05/2024 01:36 WIB

Peristiwa Sejarah 13 November

Jikalau 12 November menjadi menarik karena tepat pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari ayah, maka 13 November juga tak kalah menarik. Pasalnya banyak peristiwa sejarah yang terjadi di tanggal tersebut.

Aung San Suu Kyi (Foto: Reuters)

Jakarta - Jikalau 12 November menjadi menarik karena tepat pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari ayah, maka 13 November juga tak kalah menarik. Pasalnya banyak peristiwa sejarah yang terjadi di tanggal tersebut.

Berikut peristiwa sejarah yang terjadi pada tanggal 13 November sebagaimana dilansir UPI:

Pada tahun 1927, Terowongan Belanda dibuka di bawah Sungai Hudson, menghubungkan New York City dan New Jersey.

Pada 1933, aksi demo besar-besaran pertama di Amerika Serikat yang dilakukan oleh para pekerja di Hormel Packing Co. di Austin, Minn.

Pada tahun 1947, pengembangan AK-47 diselesaikan oleh Uni Soviet. Antara 70 dan 100 juta senapan serbu ini telah diproduksi sejak saat itu. Lima puluh tahun kemudian, perancang senapan serbu, Jenderal Mikhail Kalashnikov, mengatakan dia menyesali penyalahgunaan senjata oleh teroris.

Pada tahun 1956, Mahkamah Agung AS menguatkan putusan pengadilan distrik federal di Browder v. Gayle (1956) bahwa pemisahan pada bus antarnegara adalah inkonstitusional. Mereka akan mengeluarkan keputusan mereka pada bulan Desember dengan Boikot Bus Montgomery berakhir dengan cepat setelahnya .

Pada tahun 1967, Carl Stokes menjadi walikota AS kulit hitam pertama ketika dia terpilih di Cleveland.

Pada tahun 1970, lebih dari 500.000 orang meninggal dalam satu malam ketika topan Bhola menghancurkan wilayah Delta Gangga yang sekarang bernama Bangladesh.

Pada tahun 1982, ribuan veteran perang Vietnam berbaris di Washington, DC, untuk menghadiri pengabdian Memorial Veteran Vietnam .

Pada tahun 1985, gunung berapi Nevado del Ruiz meletus di Kolombia, menewaskan 25.000 orang . Itu adalah salah satu letusan gunung berapi paling mematikan dalam sejarah.

Pada 2004, seorang penasehat keamanan nasional Irak mengatakan hingga 1.000 gerilyawan tewas dalam pertempuran enam hari untuk Fallujah.

Pada 2010, pemerintah militer Myanmar, yang sebelumnya bernama Burma, membebaskan pemimpin pro-demokrasi Aung San Suu Kyi dari tahanan rumah. Pemimpin Liga Nasional untuk Demokrasi, yang dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1991, telah menghabiskan 15 dari 21 tahun terakhir di rumahnya.

Pada tahun 2011, Mario Monti, seorang ekonom dan mantan komisioner UE, dipilih untuk menggantikan Silvio Berlusconi sebagai perdana menteri Italia. Berlusconi, 75, mengundurkan diri setelah Parlemen meloloskan langkah-langkah penghematan untuk mengatasi utang negara senilai $ 2,6 triliun. Monti adalah PM hingga April 2013.

Pada 2013, Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS melaporkan bahwa 106.185 orang telah memilih rencana kesehatan di pasar Act Affordable Care yang baru hingga Oktober, sekitar 20 persen dari jumlah yang diharapkan. Sistem kesehatan baru telah diganggu oleh masalah dengan situs web federal sejak dibuka 1 Oktober.

Pada tahun 2015, serangkaian serangan teroris terkoordinasi di ibukota Prancis, Paris, menewaskan 130 orang dan menyebabkan 368 lainnya luka-luka.

KEYWORD :

Peristiwa Sejarah Bulan November




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :