Selasa, 29/11/2022 17:12 WIB

Peristiwa Sejarah Tanggal 02 November

Tanggal 02 November menyimpan begitu banyak peristiwa sejarah, mulai dari peristiwa membanggakan seperti pembangunan pesawat terbesar hingga peristiwa duka dimana dua wartawan Prancis diculik dan dibunuh.

Howard Hughes membangun dan mengemudikan pesawat terbesar di dunia, kapal terbang Spruce Goose seberat 200 ton, dalam satu-satunya penerbangan, di Long Beach, California.

Jakarta - Tanggal 02 November menyimpan begitu banyak peristiwa sejarah, mulai dari peristiwa membanggakan seperti pembangunan pesawat terbesar hingga peristiwa duka dimana dua wartawan Prancis diculik dan dibunuh.

Berikut beberapa peristiwa sejarah yang terjadi pada 02 November sebagaimana dilansir UPI:

Pada tahun 1889, North dan South Dakota menjadi negara bagian ke-39 dan ke-40.

Pada tahun 1920, dalam siaran berita penting pertama, KDKA di Pittsburgh melaporkan hasil pemilihan presiden AS dalam kemenangan Warren G. Harding atas James Cox.

Pada tahun 1947, Howard Hughes membangun dan mengemudikan pesawat terbesar di dunia, kapal terbang 200-ton Spruce Goose, pada penerbangan satu-satunya, di Long Beach, California. The Goose tetap di udara hanya di bawah 1 mil.

Pada tahun 1959, Charles Van Doren mengatakan kepada penyelidikan kongres AS bahwa dia telah diberi pertanyaan dan jawaban sebelum kemunculannya di acara permainan televisi.

Pada tahun 1962, Presiden AS John Kennedy mengumumkan bahwa pangkalan rudal Soviet di Kuba sedang dibongkar.

Pada tahun 1976, Politisi Demokrat Jimmy Carter, mantan gubernur Georgia, terpilih sebagai presiden AS ke-39, mengalahkan calon presiden Republik Gerald Ford.

Pada tahun 1983, Presiden AS Ronald Reagan menandatangani RUU yang menetapkan hari libur nasional untuk menandai ulang tahun pemimpin hak-hak sipil Martin Luther King Jr.

Pada tahun 1992, pembuat film legendaris Hal Roach meninggal pada usia 100 tahun. Dia terkenal dengan menemukan tim komedi Laurel dan Hardy serta memproduksi komedi Our Gang.

Pada tahun 2004, Presiden AS George W. Bush terpilih kembali mengalahkan politikus Demokrat John Kerry.

Pada 2013, dua wartawan Prancis, Ghislaine Dupont dan Claude Verlon, diculik dan dibunuh setelah mewawancarai seorang pemimpin pemberontak di Mali utara. Presiden Francois Hollande menyatakan "kemarahan atas tindakan najis ini."

Pada 2016, Chicago Cubs mengalahkan Indian Cleveland di Game 7 Seri Dunia, memenangkan kejuaraan pertama tim dalam 108 tahun. Meskipun pertandingan dimulai pada 2 November, penundaan hujan mendorong setengah jam terakhir Game 7 menjadi awal November 3.

Pada 2017, Presiden Donald Trump menominasikan Jerome Powell sebagai ketua Federal Reserve, menggantikan Janet Yellen yang keluar. Senat mengkonfirmasi dia 85-12 pada 23 Januari.

TAGS : Peristiwa Sejarah Bulan November




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :