Jum'at, 03/12/2021 04:42 WIB

Trump Diminta Tak Tutup-tutupi Pembunuhan Khashoggi

Hatice Cengiz mengatakan Trump seharusnya tidak membuka jalan untuk menutup-nutupi pembunuhan Khashoggi.

Tunangan Jama Khashoggi (Foto: AFP)

London  – Tunangan Jamal Khashogggi meminta Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump  membantu mengungkapkan kebenaran di balik pembunuhannya dan memastikan bahwa keadilan ditegakkan.

Berbicara pada acara peringatan yang diadakan di London, Hatice Cengiz mengatakan Trump seharusnya tidak membuka jalan untuk menutup-nutupi pembunuhan tunangannya itu.

"Saya kecewa dengan tindakan kepemimpinan di banyak negara, terutama di AS," kata Cengizs saat menghadiri acara yang diselenggarakan oleh organisasi pemantau pers nirlaba, Monitor Timur Tengah dan Forum Al Sharq.

"Saya berada di London sekarang, saya meminta kepada semua orang di dunia, tolong berdiri untuk keadilan!" tegas Cengiz.

"Tolong angkat suara Anda untuk Jamal kesayanganku. Mohon minta pemerintah Anda untuk membantu kami menangkap para penjahat kejam dan para penguasa politik pengecutnya," katanya.

Cengiz mengisahkan, Khashoggi adalah tunangan yang dicintainya, tetapi dia juga seorang manusia yang lembut, seorang pria yang penuh kasih, seorang jurnalis dan seorang yang benar-benar percaya dalam demokrasi dan kebebasan di dunia Arab.

Ia meminta semua pihak untuk menuntut keadilan bagi Khashoggi dan mendukung cita-citanya.

Cengiz mengatakan, Khashoggi merasa bahwa itu adalah tugasnya untuk menjadi suara bagi orang yang tidak punya suara dan ini bukan hanya masalah integritas intelektual tetapi tanggung jawab moral.

"Ini adalah bagian dari menjadi warga negara yang bertanggung jawab, sebuah gagasan yang sangat dia sayangi, gagasan yang perlu dirangkul oleh Arab Saudi, negaranya sendiri dan juga Timur Tengah secara lebih luas," katanya.

Cengiz mengatakan mengunjungi konsulat Saudi atau melakukan apa saja untuk menghentikan Khashoggi masuk jika mengetahui  bahwa sekelompok pembunuh sedang menunggunya di dalam.

Acara yang berjudul `Mengenang Jamal` juga menampilkan pidato dari Direktur Monitor Timur Tengah Daud Abdullah, anggota parlemen konservatif Crispin Blunt dan beberapa wartawan terkemuka. (aa)

TAGS : Arab Saudi Donald Trump Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :