Jum'at, 06/08/2021 00:14 WIB

Amnesty Desak AC Milan dan Juventus Blokir Piala Super Saudi

Jauh sebelum pembunuhan mengerikan Khashoggi, Arab Saudi memiliki catatan hak asasi manusia yang benar-benar mengerikan.

Amnesty International mendesak klub-klub sepak bola AC Milan dan Juventus agar tak mengikuti Piala Super Italia (Foto: Irna)

Tehran - Amnesty International  mendesak klub-klub sepak bola AC Milan dan Juventus untuk menghindari Piala Super Italia atas pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Kepala kebijakan Amnesty International Inggri, Allan Hogarth mengatakan,  jauh sebelum pembunuhan mengerikan Khashoggi, Arab Saudi memiliki catatan hak asasi manusia yang benar-benar mengerikan.

"Klub besar seperti Juventus dan AC Milan perlu memahami bahwa partisipasi mereka dalam acara olahraga di negara itu dapat digunakan sebagai bentuk dukungan mereka terhadap Riyadh," kata Hogarth dilansir AFP.

Khashoggi, seorang wartawan Saudi yang kritis terhadap pemerintahannya, tewas setelah memasuki konsulat istanbul pada 2 Oktober untuk mendapatkan dokumen untuk menikahi tunangannya di Turki.

"Kami mendesak klub-klub Italia ini untuk berpikir dua kali tentang sinyal yang dikirimkan kepada penggemar olahraga di seluruh dunia dan aktivis pemberani yang membela hak asasi manusia di Arab Saudi," kata Hogarth.

Laporan sementara menyebutkan, tubuh Khashoggi dipotong-potong tim yang dikirim dari Arab Saudi untuk membungkam wartawan itu, yang kolomnya sering mengecam Mahkota Mahkota Muhammad bin Salman.

Pembunuhan itu telah memberikan pukulan telak terhadap citra Arab Saudi, yang dicari oleh Pangeran Muhammad sejak penunjukannya sebagai pewaris tahta tahun lalu. Dia telah mengakhiri larangan pada wanita mengemudi dan melonggarkan pembatasan lain di kerajaan.

Piala Super Italia 2018-2019 dijadwalkan berlangsung pada Januari 2019 di ibukota Saudi Riyadh, yang akan mepertemukan Piala Italia tahun lalu, Juventus  melawan juara kedua, AC Milan.

TAGS : Jamal Khashoggi Piala Super Italia Arab Saudi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :