Senin, 23/05/2022 09:10 WIB

Ketum Ansor: Kejayaan Merah Putih Takkan Pernah Goyah

Ketua Umum Pengurus Pusat GP Ansor dan Panglima Banser NU, Yaqut Cholil Qoumas berpesan bahwa keutuhan NKRI dan kejayaan merah putih harus tetap dijaga dengan segala usaha bahkan dengan nyawa sekalipun.

Ketua Umum Pengurus Pusat GP Ansor dan Panglima Banser NU, Yaqut Cholil Qoumas

Jakarta - Berbicara dalam acara apel penutupan Kirab Satu Negeri, Jumat (26/10) Ketua Umum Pengurus Pusat GP Ansor dan Panglima Banser NU, Yaqut Cholil Qoumas berpesan bahwa keutuhan NKRI dan kejayaan merah putih harus tetap dijaga dengan segala usaha bahkan dengan nyawa sekalipun.

Menurutnya, satu-satunya bendera yang layak dikobarkan dan dikibarkan di Indonesia adalah sang saka merah putih. "Merah putih adalah satu-satunya yang boleh berkibar di negeri ini, yang patut kita perjuangkan dengan darah kita," kata Gus Yaqut saat sambutan di pesantren al-Munawwir Krapyak, di Yogyakarta Jumat (26/10).

Dengan berakhirnya perjalan kirab satu negeri, lanjut Gus Yaqut maka berakhir pulalah usaha kader-kader NU untuk mengibarkan merah putih di seluruh wilayah tanah air.

"Tunai sudah ikhtiar kecil kita dalam membawa merah putih ke seluruh penjuru nusantara, dalam membawa merah putih menjejakan diri dari sabang merauke, miangas hingga ke pulau rote," katanya.

"Ada banyak rintangan-rintangan, hambatan-hambatan namun kita bisa melewati itu semua. Kita sudah membuktikan kepada dunia bahwa kejayaan merah putih takkan pernah terganggu oleh siapapun. Tegaknya merah putih akan kita jaga sampai kapanpun," tambahnya.

Bagi Gus Yaqut, Merah putih tak sebagai simbol sebuah negara melainkan alat pemersatu dari segala keberagaman yang ada di masyarakat. "Merah putih meliputi kita semua dari kebhinekaan, perbedaan keragaman adalah keniscayaan di tanah air dan merah putih menyatukan itu semua," tuturnya.

"Di tengah perbedaan ini, kita memiliki kesamaan yakni menghirup udara yang sama, minum dari air yang sama dan mungkin akan dikubur di tempat yang sama," tambahnya.

Ia berpesan agar Merah putih selalu dikenang sebagai hasil perjuangan dari para pengdahulu bangsa, yang selalu dijaga dan dipertahankan.

"Jangan biarkan kelompok lain untuk menurunkan merah putih demgan mengganti dengan bendera lain," katanya.

TAGS : Banser NU Pimpinan Pusat Ansor Yaqut Cholil Merah Putih




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :