Selasa, 03/08/2021 12:06 WIB

Jumlah Pengangguran Menurun di AS

Pengangguran jatuh ke angka 3,7 persen, mengalami penurunan 0,2 persen dibandingkan bulan menurut laporan Departemen Tenaga Kerja

Dolar AS

New York, AFP – Tingkat pengangguran pada September 2018 di Amerika Serikat (AS) berada di level terendah sejak Desember 1969, meski di saat bersamaan penciptaan lapangan kerja sedang melambat.

Dilansir dari AFP, pengangguran jatuh ke angka 3,7 persen, mengalami penurunan 0,2 persen dibandingkan bulan menurut laporan Departemen Tenaga Kerja. Ada kemungkinan fenomena positif ini dipengaruhi oleh Badai Florence.

Sementara Wall Street Journal menyebut tingkat pengangguran di bawah 4 persen sangat jarang dalam 70 tahun terakhir. Hanya ketika AS terlibat Perang Korea dan Vietnam, pengangguran pernah mencapai 2,5 persen.

“Ini adalahh pasar kerja terbaik dalam satu generasi atau lebih,” ujar kepala ekonom Andrew Glassdoor.

Pejabat Federal Reserve optimistis periode ini dapat dipertahankan. Diproyeksikan, tingkat pengangguran akan turun menjadi 3,5 persen tahun depan, dan tetap di bawah 4 persen hingga 2021.

Pejabat Fed melihat ekonomi saat ini berbeda dari 1960-an. Sehingga diperkirakan inflasi akan tetap stabil, yang memungkinkan mereka mempertahankan suku bunga jangka pendek yang relatif rendah.

Sementara para investor obligasi telah menilai kembali prospek ekonomi dan keuangan dalam beberapa hari terakhir. Dengan ekonomi berjalan begitu kuat, mereka menyimpulkan bahwa The Fed akan terus menaikkan suku bung jangka pendek tahun depan.

TAGS : Pengangguran Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :