Jum'at, 03/05/2024 09:53 WIB

Lawan Blokade Saudi Cs, Qatar Dulang Suara Amerika Latin

Qatar berusaha memperkuat hubungan ekonomi dengan Amerika Latin sebagai bagian dari visi 2030.

Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani akan bertemu dengan presiden Ekuador, Peru, Argentina, dan Paraguay (File: Jon Gambrell /AP)

Doha – Pemerintah Qatar akan melakukan tur ke sejumlah negara Amerika Latin untuk mencari mitra baru untuk menghadapi blokade Teluk (Arab Saudi cs, Red).

Pada Sabtu (29/9) Kantor berita resmi Qatar, QNA menyebutkan, Emir Sheikh Tamim bin Hamad Al-Thani akan memulai turnya ke Ekuador, Peru, Argentina dan Paraguay awal pekan depan, tanpa menyebutkan lamanya perjalanan tersebut.

Lebih lanjut dijelaskan, Emir Al Thani akan bertemu dengan presiden negara tersebut untuk mendiskusikan cara memperkuat hubungan dan kerja sama bilateral di berbagai bidang.

Sejak krisis diplomatik di negara Teluk pecah pada Juni 2017, Doha berjuang  kembali membangun aliansinya di seluruh dunia.  Amerika Latin, salah satu targetnya yang dipercaya mampu membawa perubahan untuk Qatar.

Abdullah al-Athbah, editor surat kabar Al-Arab yang berbasis di Doha, mengatakan Qatar berusaha memperkuat hubungan ekonomi dengan Amerika Latin sebagai bagian dari visi 2030, yaitu menciptakan Qatar yang berkelanjutan dan modern dalam 10 tahun mendatang.

"Qatar ingin melakukan diversifikasi hubungan ekonomi di seluruh dunia dan pada saat yang sama, meningkatkan jangkauan soft power-nya ke negara lain," katanya kepada Al Jazeera.

"Kunjungan itu menunjukkan bahwa Qatar tidak terjebak di salah satu sudut dunia," tambahnya.

Di tempat lain, Mahjoob Zweiri, direktur Pusat Studi Teluk di Universitas Qatar mengatakan, perjalanan emir tersebut harus dilihat dalam konteks kunjungan serupa  ke berbagai negara di Afrika dan Asia tahun lalu.

"Ini ditujukan untuk mendiversifikasi mitra dan peluang," tambahnya. (Al Jazeera)

KEYWORD :

Qatar Amerika Latin Teluk




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :