Senin, 29/04/2024 10:05 WIB

Keindahan Tenun Sumba Membangkitkan Cinta Itang Yunasz

Keindahan tenun Sumba mampu membuat seorang Itang terpaku pada sebuah warisan budaya leluhur

Koleksi tenun Sumba karya Itang Yunasz (Foto: Itang Yunasz)

Jakarta - Dalam pameran Contemporary Muslim Fashions di Museums of San Francisco mulai 22 SeptemberItang Yunasz menampilkan tiga koleksi yang mengusung tema `Tribalux Sumba`.

Melalui ketiga karyanya Itang Yunasz ingin menyampaikan kecintaannya pada pesona tanah Sumba, Nusa Tenggara Timur. Kecantikan dan keindahan motif kain tenun.

Sumba mampu membuat Itang terpaku akan sebuah warisan budaya leluhur. Masing-masing kain memiliki motif dengan detail yang memesona seakan bercerita tentang tradisi.

"Koleksi ini ditampilkan dalam warna indigo dan cokelat kopi dan maroon yang membuatnya ‘hidup’. Dan untuk menyempurnakan kemewahan penampilan, sejumlah untaian kalung dan bros koleksi Mannaqueen dihadirkan sebagai perhiasan," ujar Itang di Jakarta, Senin (17/9).

Kreasi MannaQueen selalu berangkat dari kekayaan budaya Indonesia sebagai inspirasi dengan memakai semi precious stone, mutiara, lapis emas, rhodium dan perak dan menghasilkan kreasi yang cantik dan unik dalam jumlah terbatas.

Bagi Itang Yunasz, diundangnya dirinya dalam pameran ini menjadi sebuah pengakuan internasional pada kiprahnya sebagai desainer busana modest.

Itang berharap, kehadirannya bersama lima desainer di momen penting ini juga sekaligus mewakili industri modest fashion Indonesia yang ke depannya turut memperkuat kedudukan Indonesia sebagai pusat busana Muslim yang menjadi target pemerintah pada 2020.

Pameran ini akan berlangsung hingga Januari 2019 mendatang.

Team kurasi ini terdiri dari
• Jill D’Alessandro, sebagai Curator in Charge of Costume and Textile
Arts at the Fine Arts Museums of San Francisco,
• Laura L. Camerlengo, Associate Curator of Costume and Textiles at
the Fine Arts Museums
of San Francisco
• Reina Lewis, Professor of Cultural Studies at the London College of
Fashion, University of the Arts London, sebagai konsultan kurator

KEYWORD :

Itang Yunasz Sumba Tenun Contemporary Muslim Fashions




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :