Jum'at, 19/04/2024 17:03 WIB

Wakil Ketua MPR Ingin Perbaikan Pendidikan di Lombok Jadi Prioritas

Tempat yang biasa mereka gunakan untuk belajar, roboh akibat gempa yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Sambil menunggu gedung sekolah dibangun kembali, masyarakat dan relawan mendirikan bangunan darurat agar ratusan anak tetap bisa belajar.

Wakil Ketua MPR, Muhaimin Iskandar memberikan motivasi kepada anak korban gempa Lombok, Jumat (07/09)

Jakarta - Di bangunan yang berdinding bambu, beratap ijuk kelapa, serta beralas tikar plastik, terlihat ratusan anak-anak berkumpul. Bangunan yang berada di tanah lapang Desa Sigar Penjalin, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, itu adalah bangunan sekolah darurat.

Tempat yang biasa mereka gunakan untuk belajar, roboh akibat gempa yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Sambil menunggu gedung sekolah dibangun kembali, masyarakat dan relawan mendirikan bangunan darurat agar ratusan anak tetap bisa belajar.

Pada hari Jumat, 7 September 2018, Wakil Ketua MPR Muhaimin Iskandar berkunjung ke sekolah darurat itu. Kedatangan pria yang akrab dipanggil Cak Imin itu disambut dengan gembira oleh anak-anak dan masyarakat sekitar.

"Saya bersyukur bisa bertemu adik-adik semua", ujar Cak Imin. "Kalian harus tetap semangat", tambahnya. Dirinya senang melihat anak-anak SDN 3 Sigar Penjalin itu tetap semangat meski tempat belajarnya serba terbatas. Diharap semua tetap semangat di tengah musibah gempa yang baru dialami. "Ini ujian agar kita sabar", tuturnya. Kejadian yang dialami dikatakan sebagai ujian ketaqwaan. Dengan kondisi seperti itu,  anak-anak akan mengalami rasa tak nyaman bila turun hujan.

Menyikapi hal demikian, Cak Imin meminta agar pemerintah mengambil langkah cepat dalam memulihkan Lombok pasca gempa. Ditegaskan infrastruktur agar segera dibangun. "Prioritaskan bangunan sekolah", ujarnya. Dirinya mengharap sekolah-sekolah yang mengalami kerusakan cepat dibangun sehingga anak-anak bisa segera recovery dalam dunia pendidikan.

Sekolah darurat yang ada, menurut Cak Imin harus dipikirkan apalagi saat musim hujan. "Hujan akan segera tiba untuk itu bangunan sekolah darurat harus mendapat pengganti yang memadai", paparnya. Sambil menunggu rehabilitasi bangunan sekolah ditegaskan harus ada tenda-tenda aman dari hujan. "Rehabilitasi sekolah saya harap betul-betul menjadi prioritas", ucap mantan Ketua PB PMII itu.

Dalam kesempatan tersebut, Cak Imin mengucapkan terima kasih kepada semua relawan yang terlibat pemulihan pasca gempa Lombok. Mereka datang dari berbagai tempat. "Mudah-mudahan semua perjuangan dan solidaritas jadi amalan yang diterima Allah", ucapnya.

Cak Imin mengatakan kedatangan dirinya selain untuk bersilaturahmi juga memberi bantuan kepada para korban gempa. Kepada anak-anak, bantuan yang diberikan berupa kebutuhan sekolah. Kepada masyarakat pun juga diberikan bantuan.

Dirinya berharap di masa darurat, para relawan dan masyarakat terus berkomunikasi dengan dirinya agar bantuan terus diperhatikan.

Kepala SDN 3 Sigar Penjalin, Lalu Jumli, mengucapkan terima kasih atas kehadiran Muhaimin Iskandar. "Mudah-mudahan kedatangan beliau bisa membawa masyarakat di sini ke depannya menjadi lebih baik", harapnya.

KEYWORD :

Warta MPR Muhaimin Iskandar Lombok




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :