Selasa, 27/09/2022 23:40 WIB

Cadangan Beras Nasional 2 Juta Ton

Bulan ini, Agustus, September produksi di atas kebutuhan, rata-rata 2,5 juta ton. Sementara produksi kita 3,5 juta ton.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Agung Hendriadi selaku Ketua I Pelaksana Tim Sergap Kementerian Pertanian saat memimpin Serapan Gabah di Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (13/3).

Jakarta - Cadangan beras nasional 2 juta ton dan pompanisasi yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) pada musim kamarau tahun 2018, dinilai mampu menjaga produksi beras dalam negeri.

Demikian kata Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan usai upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Indonesia di lapangan Kementan, Jumat (17/8).

"Musim kemarau yang panen sekarang kan sudah di tanam tiga bulan lalu. Bulan ini, Agustus, September produksi di atas kebutuhan, rata-rata 2,5 juta ton. Sementara produksi kita 3,5 juta ton," terang Agung kepada jurnas.com.

Sementara musim tanam pada Oktober,  Agung memperkirakan tidak akan ada masalah soal produksi. Sebab bibit yang akan ditanam adalah padi gogo atau variates unggul yang adaptif terhadap berbagai permasalahan di lahan kering dan kemasaman tanah.

"Luas Tambah Tana (LTT)  kita lebih di arahkan ke padi gogo. Selain itu Kementan juga menyediakan pompa. Jadi mudah-mudahan nggak terpengaruh," kata jebolan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu.

TAGS : Kementan impor BKP Agung Hendriadi kemarau




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :