Sabtu, 04/12/2021 14:59 WIB

Kebijakan Saudi Bikin Investor Ketakutan

Perintah penjualan aset ini menjelaskan turunnya pasar Kanada, setelah seorang investor yang tak diketahui identitasnya menjual investasinya pada Selasa.

Riyal Arab Saudi atau SAR (Foto: Labbaik)

Jakarta -  Konflik berkepanjangan antara Arab Saudi dengan Kanada dinilai akan menakut-nakuti para investor kala Saudi sendiri tengah menggenjot masuknya investor asing ke kerajaan.

Terlebih setelah Arab Saudi memerintahkan semua aset milik Kanada dijual berapa pun harganya, sebagai aksi balasan atas kritik Kanada tetang penahanan aktivis HAM di kerajaan tersebut.

Perintah penjualan aset ini menjelaskan turunnya pasar Kanada, setelah seorang investor yang tak diketahui identitasnya menjual investasinya pada Selasa.

Para ahli finansial menilai kebijakan Riyadh bisa menjadi bumerang. Ia mengatakan, penjualan aset-aset Kanada menunjukkan adanya atmosfer bisnis yang bergejolak di Saudi, dan bisa menakuti para investor kala Saudi sendiri tengah menggenjot masuknya investor asing ke kerajaan.

"Tindakan seperti ini tidak akan membuat orang yakin akan stabilitas bisnis di sana," kata seorang investor pasar kepada Financial Times.

Sebelumnya, Kanada meminta pembebasan aktivis HAM yang saat ini ditahan oleh Arab Saudi, yang dibalas dengan aksi-aksi keras di bidang diplomasi dan perdagangan oleh kerajaan tersebut.

Saudi memerintahkan duta besar Kanada di negaranya untuk meninggalkan Saudi, menarik duta besarnya dari Kanada dan meminta 16.000 mahasiswa yang belajar di kampus dan universitas Kanada untuk meneruskan pendidikan mereka di tempat lain.

 

TAGS : Arab Saudi Kanada investor




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :