Jum'at, 03/12/2021 05:08 WIB

Jero Wacik Klaim Tak Tahu Ada Jual Beli Fasilitas di Lapas Sukamiskin

Jero mengklaim ‎sel yang ditempatinya, minim fasilitas, tak seperti kamar Fahmi Darmawansyah yang memiliki fasilitas mewah seperti pendingin udara, televisi, kulkas dan wastafel.

Lapas Sukamiskin di Bandung, Jawa Barat

Jakarta - Terpidana korupsi di lingkungan Kementerian ESDM, ‎Jero Wacik mengklaim tak tahu menahu soal skandal jual-beli fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin, Bandung. Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)
ini juga mengklaim tak pernah ditawari untuk membeli sel dengan fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin.

"Enggak, saya kan udah lama di sana (Lapas Sukamiskin) sudah dua tahun," kata Jero sebelum sidang peninjauan kembali (PK) di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (23/7/2018).

Jero merupakan terpidana korupsi di lingkungan Kementerian ESDM. Ia divonis delapan tahun penjara dan denda Rp 300 juta subsidier enam bulan kurungan oleh MA pada tingkat kasasi. Mantan Menteri Kebudayan dan Pariwisata itu juga diminta membayar uang pengganti sebesar Rp 5,07 miliar. Jero diketahui menjalani hukuman di Lapas Sukamiskin.

Jero mengklaim ‎sel yang ditempatinya, minim fasilitas, tak seperti kamar Fahmi Darmawansyah yang memiliki fasilitas mewah seperti pendingin udara, televisi, kulkas dan wastafel.

"Saya enggak pakai AC. Enggak ada, kan di Bandung dingin," tutur Jero.

Jero lebih lanjut mengaku jika dirinya t‎ak pernah main ke kamar tahanan lain di Lapas Sukamiskin. Sebab itu, Jero berdalih tidak tahu adanya skandal yang menimpai Kalapas Wahid Husein dan suami Inneke Koesherawati itu.

Jero bahkan mengklaim baru mengetahui terjadi operasi tangkap tangan terhadap Fahmi dan Kalapas Sukamiskin Wahid Husen sehari setelahnya. Menurut Jeros, situasi lapas Sukamiskin saat ini sudah kembali normal.

"Baik-baik saja (setelah OTT Kalapas Sukamiskin)," tandas Jero.‎

S‎ebelumnya, KPK berhasil membongkar dugaan suap jual beli fasilitas mewah di Lapas Sukamiskin, Bandung. Empat orang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus tersebut. Yakni, Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen, Suami dari artis Inneke Koesherawati, Fahmi Darmawansyah, PNS Lapas Sukamiskin, Hendri Saputra, dan narapidana pendamping Fahmi, Andri Rahmat.

TAGS : Jero Wacik Lapas Sukamiskin Bandung




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :