Senin, 20/09/2021 02:18 WIB

Sembalun Peyangga Bawang Putih Nasional

Sentra pengembangan bawang putih di Lombok Timur mencapai 10.000 hektare.

Kaki Gunung Rinjani jadi sentra baru pengembangan bawang putih nasional (Foto: Ist)

Lombok  - Ingat bawang putih, Ingat Sembalun Lombok Timur.  Sembalun merupakan salah satu syurga pengembangan sayuran di Nusa Tenggara Barat.  Hampir 50 persen pasokan di wilayah Mataram dari berbagai aneka sayuran di pasok dari Sembalun.

Ini menandakan bahwa daerah ini menjadi penyangga utama sayuran di Nusa Tenggara Barat. Disamping itu wilayahnya dikelilingi oleh bukit dan gunung terbentang kawasan yang sangat luas dan datar sepanjang mata memandang tertanami bawang putih yang menjadi salah satu prioritas andalan nasional.

Dalam rangka mendukung Sembalun menjadi sentra utama pengembangan bawang putih nasional,  Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman telah berkunjung ke lokasi ini dan sekaligus melakukan penanaman bawang putih sebagai simbol bahwa Sembalun akan bangkit menjadi sentra terbesar bawang putih Indonesia.

Dengan tumbuh dan berkembangnya berbagai sentra utama di Indonesia, pria Bone itu yakin swasembada bawang putih Indonesia akan tercapai pada tahun 2021.

Menurut Kadis Pertanian Lombok Timur, Zaini, sentra pengembangan bawang putih di Lombok Timur mencapai 10.000 hektare. Sentra pertanaman tersebar di 5 Kecamatan yaitu Sembalun, Wanasaba, Sikur, Pringgasela dan  Suela. Penambahan luas tanam  setiap saat ada karena kondisi dan ketersediaan air mencukupi.

Sentra utama terbesar di Sembalun bisa mencapai 4.000 hektare tepatnya di kaki Gunung Rinjani serta hampir seluruh wilayah ini tertanami bawang putih dengan pola monokultur dan sebagian tumpang sari dengan komoditas sayuran lainnya seperti cabai besar.

"Melihat prospektif ini,  maka Sembalun siap menjadi penyangga benih bawang putih nasional dan menyukseskan swasembada bawang putih tahun 2021," jelasnya.

Kasubdit Bawang Merah dan Sayuran Umbi Direktorat Jenderal Hortikultura Agung Sunusi mengatakan, Kabupaten Lombok Timur merupakan salah satu sentra pengembangan bawang putih nasional yang mendapat perhatian prioritas. Hal ini ditandai dengan terus meningkatnya luas tanam bawang putih khususnya di Kecamatan Sembalun yg menjadi salah satu lokasi terluas dan ideal untuk pertanaman bawang putih.

Sebagai bukti komitmen pemerintah untuk meningkatkan produksi dan menjaga minat petani untuk menanam bawang putih, pemerintah telah melakukan berbagai upaya diantaranya fasilitasi bantuan saprodi berupa benih dan pupuk. Pada tahun 2017-2018, telah dialokasikan pengembangan kawasan bawang putih seluas 3.442 ha, Ungkapnya.

"Saat ini Kabuparen Lombok Timur terus melakukan perluasan pertanaman bawang putih, tidak hanya mengandalkan APBN namun dengan adanya kebijakan wajib tanam 5 persen bagi importir, semakin banyak petani yang bermitra dan menanam bawang putih guna mensukseskan swasembada bawang putih 2021," pangkasnya.

TAGS : bawang putih lombok Andi Amran Sulaiman




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :