Senin, 20/09/2021 03:09 WIB

Operasi Penyelamatan 12 Remaja Thailand Dimulai

Tim penyelamat baru berani melakukan evakuasi setelah mereka terjebak selama 15 hari karena banjir.

Operasi penyelamatan 13 remaja di gua Thailand (Foto: AFP)

Bangkok – Evakuasi terhadap 13 remaja Thailand yang terperangkap di gua Tham Luang telah dimulai pada Minggu (8/7) pagi. Tim penyelamat baru berani melakukan evakuasi setelah mereka terjebak selama 15 hari karena banjir.

Menurut Kepala Misi Penyelamatan Narongsak Osottanakorn mengatakan, evakuasi kemungkinan besar akan menghabiskan waktu berjam-jam. Pasalnya akses menuju lokasi para remaja tersebut tergolong sulit dan berliku.

“Hari ini waktunya. Anak-anak itu siap menghadapi berbagai tantangan,” ujar Narongsak dilansir dari AFP  pada Minggu (8/7) siang.

Kepada awak media yang berdiri tak jauh dari gua, Narongsak mengatakan bahwa satu-satunya ancaman evakuasi saat ini hanyalah hujan yang bisa turun kapan saja. Jika hujan, maka air akan memenuhi rongga gua.

Narongsak menuturkan, anak pertama yang akan keluar dari gua diperkirakan pada pukul 21.00 waktu setempat. Artinya, tim evakuasi akan menempuh perjalanan selama sekitar 11 jam.

Sebelumnya, pada Minggu pagi pihak berwenangan mengumumkan kepada lebih dari 1.000 jurnalis  dan warga untuk menjauh dari mulut gua. Hal itu dilakukan untuk persiapan operasi penyelamatan.

“Setiap orang yang tidak terlibat dengan operasi harus segera keluar dari daerah itu,” pinta polisi melalui pengeras suara.

TAGS : Gua Thailand Banjir




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :