Sabtu, 25/09/2021 22:50 WIB

Israel Gusur 20 Rumah Warga Palestina di Yerusalem

Tentara Israel sejak Rabu pagi telah menghancurkan rumah-rumah dan peternakan milik warga Palestina di daerah Abu Nawwar

Ilustrasi pasukan Israel menggusur rumah warga Palestina di Yerusalem. (Foto: UPI/Ismael Mohamad)

Yerusalem - Tentara Israel menghancurkan 20 rumah milik warga Palestina di sebelah timur Yerusalem dengan menggunakan buldoser.

Berbicara mewakili permukiman Abu Nawwar, Daud Jahalin, mengatakan  tentara Israel sejak Rabu pagi telah menghancurkan rumah-rumah dan peternakan milik warga Palestina di daerah Abu Nawwar.

"Warga Abu Nawwar bertekad akan tetap menempati daerah itu dan mereka akan membangun kembali rumah mereka," ujar Jahalin.

Jahalin menyampaikan, warga tak sempat mengeluarkan barang-barang dari dalam rumah pada saat pembongkaran itu.

Menurut perjanjian Oslo antara Israel dan Palestina, warga Arab Badui Abu Nawwar yang berpenduduk 700 jiwa itu berada pada zona "C". Warga tersebut menolak untuk meninggalkan desa mereka meskipun telah mendapatkan ancaman dan tekanan dari Israel.

Yerusalem dan Tepi Barat dibagi menjadi zona A, B dan C dalam kerangka "Perjanjian Oslo Kedua" yang ditandatangani pemerintah Palestina dan Israel pada tahun 1995.

Administrasi dan Keamanan "zona A" yang mencakup 18 persen wilayah diserahkan kepada Palestina, administrasi "zona B" yang mencakup 21 persen wilayah diserahkan kepada Palestina dan keamanannya dikendalikan Israel, sementara administrasi dan keamanan "zona C" yang mencakup 61 persen wilayah diserahkan kepada Israel. (aa)

TAGS : Yerusalem Israel Palestina




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :