Senin, 24/01/2022 04:17 WIB

Inggris Akhiri Kutukan Penalti Usai Singkirkan Columbia

Inggris sempat memimpin melalui tendangan penalti Harry Kane di babak kedua.

Selebrasi Timnas Inggris usai mencetak gol ke gawang lawan

Jakarta - Inggris berhasil menyudahi kutukan buruk adu penalti usai mengalahkan Columbia lewat drama tos-tosan dengan skor 4-3 di Spartak Stadium, Moskow, Rabu (4/7/2018) dinihari WIB, berimbang 1-1 selama 120 menit.

Inggris sempat memimpin melalui tendangan penalti Harry Kane di babak kedua. Namun, saat laga sudah memasuki injury time, Kolombia menyamakan skor lewat tandukan Yerry Mina.

Kemenangan dalam adu penalti melawan Kolombia amat berarti bagi Inggris. The Three Lions mampu mematahkan kutukan adu penalti yang selama ini menghantui mereka.

Ini adalah kemenangan pertama Inggris dalam adu penalti di Piala Dunia. Mereka selalu kalah dalam tiga adu penalti sebelumnya, yaitu pada 1990, 1998, dan 2006.

Di Piala Dunia 1990, Inggris kalah 3-4 dari Jerman Barat dalam adu penalti di semifinal. Mereka kembali kalah 3-4 ketika menjalani adu penalti melawan Argentina di babak 16 besar Piala Dunia 1998.

Sementara di Piala Dunia 2006, Inggris kalah adu penalti 1-3 dari Portugal di babak perempatfinal. Secara keseluruhan, catatan Inggris dalam adu penalti di turnamen besar memang tak menggembirakan.

Di arena Piala Eropa, mereka cuma sekali menang dalam empat kali adu penalti.

Di antara lima algojo Inggris, cuma Jordan Henderson yang gagal. Sementara di kubu Kolombia, Mateus Uribe dan Carlos Bacca gagal menjalankan tugasnya dengan baik.

Inggris selanjutnya akan berhadapan dengan Swedia di perempatfinal Piala Dunia 2018. Swedia lebih dulu lolos setelah mengalahkan Swiss 1-0.

TAGS : Inggris Piala Dunia Columbia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :