Sabtu, 27/11/2021 12:39 WIB

Presiden Hadi Minta Houthi Angkat Kaki dari Yaman

Hadi bersikeras setiap penyelesaian politik harus tunduk pada resolusi legitimasi internasional

Pemimpin Houthi, Yusuf al-Madani (R)

Aden – Presiden Yaman Abdrabbuh Mansour Hadi meminta kelompok Houthi mematuhi resolusi internasional, guna mengakhiri perang yang terjadi di negara tersebut.

Menurut kantor berita pemerintah SABA, pernyataan itu dibuat usai pertemuan Presiden Hadi dengan utusan Sekjen PBB Martis Griffith di Aden, ibu kota sementara Yaman. Hadir pula Perdana Menteri Yaman Obeid bin Daghr.

Hadi bersikeras setiap penyelesaian politik harus tunduk pada resolusi legitimasi internasional, khususnya embargo senjata pada kelompok Houthi, yang dinyatakan oleh Dewan Keamanan PBB melalui Resolusi DK PBB 2216.

Dengan demikian, Hadi meminta Houthi mematuhi resolusi itu, dan segera angkat kaki dari Taiz dan berbagai kota yang masih berada di bawah kendali mereka.

“Kami akan selalui menjadi pendukung perdamaian dan harmoni. Ini adalah pilihan permanen kami, karena kami sepenuhnya sadar akan tanggung jawab nasional dan kemanusiaan kami terhadap negara dan rakyat,” ujar Hadi dilansir dari Memo pada Kamis (28/5).

Sementara itu, utusan PBB mengungkapkan kesenangannya atas kunjungan perdana tersebut. Dia menyebut campur tangan DK PBB akhir-akhir ini memberikan kemungkinan untuk mencapai perdamaian di Yaman.

TAGS : Yaman Arab Saudi Timur Tengah




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :