Jum'at, 27/05/2022 03:02 WIB

Trump: Cekcok di Negara Teluk Ungtungkan Iran

Nauert menekankan upaya Qatar pada kontraterorisme dan melawan pendanaan terorisme.

Presiden Amerika Seriakat Donald Trump (Foto: Denis Balibouse)

Washington – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mengatakan, Presiden Donald Trump menginginkan perselisihan antara Qatar dan negara-negara Teluk segera diselesaikan, karena hanya menguntungkan Iran.

Itu disampaikan Pompeo saat bertemu Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman Al Thani di Washington.

Di tempat yang lain, juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Heather Nauert berterima kasih kepada Al Thani atas kemitraan strategis dan persahabatan Qatar dengan AS.

Nauert menekankan upaya Qatar pada kontraterorisme dan melawan pendanaan terorisme. Ia juga mengatakan diplomat teratas turut membahas berbagai topik regional dan bilateral dengan diplomat Qatar.

Pada Juni 2017, Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain memutuskan hubungan diplomatik dan perdagangan dengan Doha, karena menuduh Qatar mendukung terorisme.

Empat negara tersebut telah mengancam Qatar dengan sanksi tambahan jika gagal memenuhi daftar tuntutan, termasuk salah satunya untuk menutup Al-Jazeera.

Meski begitu, Qatar telah menolak untuk mematuhi daftar tuntutan serta menyangkal tuduhan terhadapnya dan menggambarkan embargo yang dipimpin Saudi sebagai pelanggaran kedaulatan nasional.

Krisis seperti ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam hubungan antar-Arab dan telah mengakibatkan empat negara tersebut memaksakan blokade darat, laut dan udara di Qatar.

 

TAGS : Amerika Serikat Qatar Teluk Mike Pompeo




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :