Sabtu, 04/12/2021 15:01 WIB

Terbebas dari ISIS, Warga Suriah Siap Rayakan Idul Fitri

Sejauh ini, 240 ranjau dan 1.1231 bahan peledak rakitan telah dihancurkan.

Ratusan orang sedang berjalan untuk berpindah dari desa di Suriah (REUTERS/Omar Sanadiki)

Ankara - Persiapan menyambut Idul fitri di wilayah Afrin, Suriah, yang baru saja dibebaskan dari kelompok teroris, berjalan dengan lancar, meski wilayah tersebut masih sedang bertempur.

Menurut seorang sumber, tahap akhir pembebasan Afrin dari kelompok teror PKK/KCK/PYD-YPG dan Islamic State Iraq and Syria (ISIS) atau Daesh kini sedang berlangsung.

Infrastruktur tengah dibangun kembali untuk memfasilitasi kepulangan penduduk setempat. Selain itu, pasukan keamanan juga sedang menyisir area itu untuk mengamankannya dari bahan peledak dan ranjau. Sejauh ini, 240 ranjau dan 1.1231 bahan peledak rakitan telah dihancurkan.

Turki melancarkan Operasi Ranting Zaitun pada 20 Januari untuk mengusir teroris dari Afrin. Pada 18 Maret, atau di hari ke-58, pasukan Turki dan Tentara Pembebasan Suriah berhasill membebaskan kota Afrin.

Afrin menjadi tempat persembunyian utama bagi PYD / PKK sejak Juli 2012, ketika rezim Bashar al-Assad di Suriah meninggalkan kota itu tanpa perlawanan ke kelompok teror. (aa)

 

TAGS : Idul Fitri Yaman




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :