Jum'at, 03/12/2021 04:33 WIB

Jepang Akan Temui Trump sebelum KTT AS-Korut

Shinzo Abe menyatakan bakal bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, sebelum penyelenggaraan pertemuan puncak

PM Jepang Shinzo Abe

Tokyo - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe menyatakan bakal bertemu Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, sebelum penyelenggaraan pertemuan puncak antara AS dan Korea Utara.

Dalam sebuah pernyataan kepada awak media pada Senin (28/5) malam kemarin, Abe mengatakan baru saja membuat percakapan telepon dengan orang nomor satu AS tersebut.

Selama panggilan, Abe dan Trump membahas soal perkembangan terakhir seputar rencana KTT antara AS dan Korut, yang hingga kini belum dijadwalkan kembali, usai dibatalkan pekan lalu.

"Jepang dan AS sepakat untuk membuat pertemuan DPRK (Korut, Red) dan AS lebih berarti. Kedua pihak juga akan membahas masalah warga Jepang yang diculik Korut beberapa dekade lalu," ujar Abe dilansir dari Xinhua.

Diketahui, Trump membatalkan pertemuan puncak dengan Kim Jong-un pada Kamis lalu. Namun hanya satu hari setelahnya, dia menyebut pertemuan itu masih memungkinkan digelar.

Awalnya, pertemuan bersejarah antara Trump dan Kim akan dilaksanakan di Singapura pada 12 Juni. Namun belum ada jadwal terbaru kedua kepala negara itu akan bertemu kembali.

TAGS : Jepang Korea Utara Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :