Rabu, 26/01/2022 02:51 WIB

Kerjasama China-Jerman Masuki Era Baru

China akan meningkatkan kerja sama dengan Jerman dalam hubungan bilateral yang lebih tinggi.

Xi Jinping (kanan) dan Angela Merkel (kiri) (Foto: Xinhua)

Beijing - Presiden China Xi Jinping pada Kamis (24/5) kemarin mengatakan, kunjungannya ke Kanselir Jerman Angela Merkel menunjukkan, China akan meningkatkan kerja sama dengan Jerman dalam hubungan bilateral yang lebih tinggi.

Sejak kedua negara meresmikan kemitraan pertama kali pada 2014, hubungan bilateral meningkat secara signifikan dalam tahap yang belum tercapai sebelumnya.

Xi mengatakan, China dan Jerman harus memberi contoh kerja sama yang win-win, dalam rangka mempromosikan gaya hubungan bilateral China dengan negara-negara Eropa. Cara itu digunakan untuk mengesampingkan perbedaan ideologis.

"Ini harus menjadi arah hubungan bilateral, dan akan bergerak ke tahap berikutnya," ujar Xi dilansir dari Xinhua pada Jumat (25/5) pagi.

"Kami menyambut Jerman untuk menangkap peluang yang muncul dari putaran reformasi baru China," imbuhnya.

Xi menuturkan, China dan Jerman harus memperluas kerja sama industri dan pasar, didorong oleh inovasi, dan bersama-sama mengekslorasi pasar pihak ketiga.

Kedua negara juga dipandang perlu meningkatkan pertukaran budaya dan orang untuk mengonsolidasikan persahabatan, dan menghadapi tantangan global.

"Kami ingin mempromosikan pemerintahan global dan multiliteralisme bersama dengan Jerman dalam kerangka multilateral," terangnya.

Sementara Merkel juga mengungkapkan hal senada. Merkel mengatakan China merupakan anggota komunitas internasional sekaligus mitra dagang yang penting bagi Jerman.

"Ketika hubungan Jerman-China sudah memasuki era baru, Jerman siap mengambil peluang baru reformasi China dan membuka kesempatan kerja sama perdagangan dan investasi, serta pertukaran budaya dan orang," ujar Merkel.

TAGS : China Jerman Merkel Xi Jinping




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :