Sabtu, 13/07/2024 10:56 WIB

FKUB Merawat Keragaman Lewat Fun Run Kebhinekaan

Fun Run bukan sekedar olahraga semata, melainkan suatu semangat untuk tetap merawat persatuan tanpa membeda-bedakan suku agama dan ras.

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bersama Walikota Jakarta Timur menggelar Fun Run Kebhinekaan2018 (Foto: Ist)

Jakarta - Memperingati Hari Kebangkitan Nasional,  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) menggelar `Fun Run Kebhinnekaan 2018`. Kegiatan yang bertema , `Bersatu Nyok, Bersama Nyok dalam Fun Run` guna merekatkan persatuan dan mempertahankan semangat Bhineka Tunggal Ika.

Ketua FKUB Jakarta Timur, Anshori Ya`kub mengatakan kehadiran para tokoh agama, tokoh masyarakat, Ormas-ormas, dan seluruh umat beragama dalam acara Fun Run Kebhinnekaan 2018 ini menunjukkan kemajemukan masyarakat di Jakarta Timur.

"Mudah-mudahan Jakarta Timur tetap kondusif, mendapat keberkahan dan ridho dari Allah SWT. Tanpa adanya persatuan dan kesatuan, kita tidak akan menyaksikan Indonesia yang tenang, damai, dan tenteram. Mudah-mudahan suasana ini dapat terus kita pelihara," kata Anshori Ya`kub.

Di tempat yang sama, Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana menyebut Fun Run tersebut bukan sekedar olahraga semata, melainkan suatu semangat untuk tetap merawat persatuan tanpa membeda-bedakan suku agama dan ras.

"Mari kita berkomitmen membangun kebersamaan, kerukunan, dan toleransi di antara kita, sehingga tercipta suasana aman untuk melaksanakan pembangunan demi kesejahteraan kita bersama," ujar Bambang.

Untuk diketahui, lomba lari 5 kilometer ini diikuti 1.200 peserta dari berbagai elemen masyarakat dengan rentang usia 12-50 tahun. Perwakilan dari enam agama anggota FKUB Jakarta Timur dan sejumlah Ormas juga turut berpartisipasi dalam ajang lari gembira ini.

Pada momentum tersebut, Bambang juga meresmikan Prasasti Kebhinnekaan berupa tulisan NKRI berwarna merah putih di bawah naungan Burung Garuda Pancasila. Prasasti ini berlokasi di sisi utara Banjir Kanal Timur (BKT), sebelah utara rumah jaga pintu air BKT Malaka Sari di sisi jalan Soekanto.

"Prasasti ini akan mengingatkan kita bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar. Mari kita mengkristalkan persatuan, kesatuan, dan kebersamaan dengan mempertahankan NKRI," Bambang.

 

 

 

KEYWORD :

FKUB Anshori Ya`kub Bambang Musyawardana




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :