Sabtu, 22/06/2024 15:47 WIB

Singapura Terpilih Jadi Tempat Pertemuan Trump dan Kim Jong-un

Trump menyatakan pertemuan dengan Kim akan berlangsung di Singapura pada 12 Juni mendatang.

Merlion di Singapura (Foto: Twitter @Adventoro_MY)

Jakarta - Tempat pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un akhirnya ditentukan.

Melalui cuitan akun Twitter pribadinya pada Kamis (10/5), Trump menyatakan pertemuan dengan Kim akan berlangsung di Singapura pada 12 Juni mendatang.

"Kami akan menciptakan momen sangat spesial untuk Perdamaian Dunia. Pertemuan antara saya dan Kim Jong In akan bertempat di Singapura pada 12 Juni," tulis Trump.

Sebelum Gedung Putih mengeluarkan keputusan memilih Singapura sebagai tempat pertemuan Trump dan Kim, Menteri Luar Negeri (Menlu) AS Mike Pompeo sudah terlebih dahulu menemui Kim.

Di Pyongyang, Pompeo menemui Kim untuk membahas rencana Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AS dan Korut. Hasil dari pertemuan itu, Korut melepaskan tiga warga AS yang ditahan karena dituding melakukan spionase tahun lalu.

Trump dalam sambutannya mengatakan, pembebasan tiga warga negara AS oleh Korut, menjadi bukti bahwa negara komunis tersebut berkomitmen pada janjinya untuk menyepakati perjanjian damai.

"Kami pikir ada peluang bagus untuk emalkukan sesuatu yang sangat berarti. Prestasi saya yang paling membanggakan ialah, kami berhasil mendenuklirisasi seluruh Semenanjung Korea," kata Trump dilansir dari Reuters.

KEYWORD :

Amerika Serikat Donald Trump Korea Utara Singapura




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :