Senin, 17/01/2022 05:49 WIB

Kementan Pastikan Pasokan Pangan Hari Raya Aman

Kementan optimis pasokan mampu menstabilkan harga di masyarakat. Hari Raya tahun belakangan berhasil stabil, tahun ini kami yakin bisa lebih stabil

Kementerian Pertanian dan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) menggelar pertemuan kehumasan pemerintah di Malang. (Foto: Istimewa)

Malang- Kementerian Pertanian (Kemen) dan Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) menggelar pertemuan kehumasan pemerintah di Malang, 2-4 Mei 2018. Dalam pertemuan tersebut Kementan memaparkan data-data pasokan pangan jelang hari raya cukup untuk menjaga stabilitas harga di masyarakat.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan, Kuntoro Boga Andri saat membuka pertemuan tersebut meyakinkan bahwa Kementan sudah berupaya keras untuk memenuhi pasokan pangan.

"Dari data pangan pokok, Kementan optimis pasokan mampu menstabilkan harga di masyarakat. Hari Raya tahun belakangan berhasil stabil, tahun ini kami yakin bisa lebih stabil," jelasnya.

Kuntoro Boga menambahkan bahwa pertemuan ini menjadi ajang tukar informasi, koordinasi, dan sinergi Humas Pemerintah antar Kementerian atau Lembaga untuk menyebarluaskan capaian kinerja pemerintah ke masyarakat.

"Banyak capaian kinerja pemerintah yang membutuhkan sinergi untuk bisa diketahui, dan lebih jauh dirasakan masyarakat," kata Kuntoro Boga.

Staf Khusus Menteri Komunikasi dan Informatika, Henri Subiakto mewakili Ketua Bakohumas menyarakan bahwa tantangan kita bukan lagi bagaimana menghadapi media. Kecanggihan teknologi Informasi dan media sosial memungkinkan setiap orang menjadi produsen berita, terlepas benar atau tidaknya Informasi yang dihasilkan.

"Kita perlu bersinergi yang lebih erat untuk menghadapi berita palsu yang menyebar di masyarakat," ujar Henri.

Secara khusus, selain mengusung tema ketersediaan pangan menjelang puasa dan hari raya, Kementan juga mensosialisasikan program peningkatan populasi sapi melalui Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). Program yang dijalankan sejak 2017 dengan Inseminasi Buatan (IB) tersebut berhasil meningkatkan jumlah sapi secara signifikan.

TAGS : Kementan Bakohumas pangan Upsus Siwab IB




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :