Minggu, 23/01/2022 09:57 WIB

PM India Lawatan Informal ke China, Ini yang Dibahas

Presiden Tiongkok dan perdana menteri India pererat hubungan bilateral dalam pertemuan tak resmi.

Perdana Menteri India bersama Presiden China (foto:upi.com)

Beijing - Hubungan bilateral antara India dan China dipererat dalam pertemuan antara Presiden Tiongkok Xi Jinping dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dalam kunjungan informal di Tiongkok, menurut kantor berita Tiongkok Xinhua.

"Hubungan China-India sangat penting untuk stabilitas dan keamanan global," kata Xi kepada Xinhua.

"Relasi kuat antara China dan India adalah faktor penting dan positif dalam menjaga stabilitas dunia, dan memiliki banyak peran untuk pembangunan manusia," tambahnya.

Pernyataan presiden China ini diberikan setelah pertemuan informal dengan Modi pada Jumat dan Sabtu di kota Wuhan, Tiongkok, lapor kantor berita itu.

"Perbincangan dengan Presiden Xi Jinping fokus pada kerja sama India-Tiongkok yang berbeda-beda. Kami mendiskusikan untuk semakin mendorong hubungan ekonomi dan hubungan antar-masyarakat. Beberapa area lain yang kami bicarakan termasuk pertanian, teknologi, energi dan pariwisata," ungkap Modi melalui Twitter.

Pertemuan informal seperti ini adalah yang pertama bagi kedua negara.

Dua negara terbesar Asia ini berbagi perbatasan sepanjang 3.500 kilometer. Hubungan China dan India menegang karena adanya permasalahan perbatasan pada Juni tahun lalu. Polemik muncul ketika India menolak konstruksi jalan yang hendak dibangun Tiongkok di perbatasan.

Tiongkok kemudian menuduh India melanggar perbatasan. Ketegangan mereda setelah India menarik mundur pasukannya dari wilayah tersebut pada Agustus dan sepenuhnya hilang setelah adanya perjanjian dalam pertemuan pemimpin BRICS (Brazil, Rusia, India, Tiiongkok, dan Afrika Selatan) di September. (aa)

TAGS : China India




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :