Sabtu, 04/12/2021 14:04 WIB

Hati-hati! Dehidrasi Bisa Ganggu Kesehatan Mental

Para peneliti mencatat bahwa penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa dehidrasi mengurangi kinerja latihan dan fungsi otak pada anak.

Ilustrasi minum di saat dehidrasi (foto:upi.com)

Jakarta - Sebuah penelitian yang dilakukan Spaulding Regabilitation Hospital menemukan bahwa orang membutuhkan banyak air selama berolahraga sehingga otak bisa mendapat manfaat penuh dari aktivitas tersebut.

"Usia menengah dan orang dewasa yang lebih tua sering merasa kehausan, yang menempatkan mereka pada risiko untuk dehidrasi, dan kemudian dapat mengurangi manfaat kesehatan yang terkait dengan mental," kata Brandon Yates,

Para peneliti mencatat bahwa penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa dehidrasi mengurangi kinerja latihan dan fungsi otak pada anak muda, tetapi kurang diketahui tentang dampaknya pada manula.

Studi baru itu termasuk pengendara sepeda rekreasi, rata-rata berusia 55 tahun, yang ikut serta dalam acara bersepeda besar pada hari yang hangat (78 hingga 86 derajat Fahrenheit). Sebelum acara, para peneliti menguji para peserta dan membagi mereka menjadi dua kelompok: hidrasi dehidrasi dan normal.

Pengendara sepeda mengambil tes keterampilan berpikir sebelum dan sesudah perjalanan. Mereka yang berada di kelompok hidrasi normal menyelesaikan tes jauh lebih cepat setelah perjalanan dari sebelumnya, sedangkan mereka yang berada di kelompok dehidrasi tidak menunjukkan banyak perbaikan.

"Ini menunjukkan bahwa orang dewasa yang lebih tua harus mengadopsi perilaku minum yang cukup untuk mengurangi kelelahan kognitif dan berpotensi meningkatkan manfaat kognitif dari partisipasi olahraga secara teratur," ujar para peneliti dilansir UPI.

Studi ini dipresentasikan pada Minggu pada pertemuan tahunan American Physiological Society, di San Diego.

TAGS : Dehidrasi Kesehatan Mental Penelitian




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :