Senin, 13/05/2024 09:40 WIB

Kementan Manfaatkan Teknologi Informasi Tingkatkan Kualiatas Data Pertanian

Peranan data statistik dan informasi pertanian semakin penting dan strategis untuk mendukung pembangunan pertanian.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan, Syukur Iwantoro (Foto: Humastani)

Tangerang - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya melakukan percepatan pengelolaan dan peningkatan kualitas data pertanian melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Demikian kata sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan, Syukur Iwantoro pada Forum Komunikasi Statistik dan Sistem Informasi Pertanian tahun 2018 dengan tema `Pemanfaatan Teknolgi Informasi Untuk Percepatan Pengelolaan dan Peningkatan Kualitas Data Pertanian` di Serpong, Tangerang, Rabu (18/4).

Syukur mengatakan peranan data statistik dan informasi pertanian semakin penting dan strategis untuk mendukung pembangunan pertanian. Apalagi guna mempercepat pencapaian kedaulatan pangan dan mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia 2045.

"Dalam mengukur capaian kinerja produksi pangan tersebut, Kementan telah menugaskan Pusdatin untuk terus melakukan terobosan besar dalam pengelolaan data dan informasi pertanian," jelas Syukur.

Selain itu, Syukur juga meminta agar sebagai bagian dari sistem perstatistikan dan informasi pertanian di Indonesia, peserta forum terutama Pusdatin harus bisa bekerjasama dengan lebih baik dan saling mengingatkan. Bahkan saling kontrol, saling mengimbangi dan saling melengkapi.

"Saya yakin jika ini berjalan, kita pasti mampu menyediakan data statistik dan informasi pertanian yang cepat, akurat, lengkap dan obyektif," ujarnya.

Syukur menegaskan untuk menindaklanjuti arahan Presiden Jokowi terkait menghadapi era revolusi industri 4.0, Pusdatin beserta seluruh stakeholder terkait diharapkan dapat menjadi pelopor dalam pemanfaatan teknologi informasi di Kementan. Hal ini penting untuk mendukung tercapainya kedaulatan pangan.

"Penting juga ke depannya Indonesia mampu menyediakan pangan untuk dunia. Artinya mewujudkan Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia pada tahun 2045," tegasnya.

Untuk ketahui, forumm ini juga dihadiri, Plt. Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian (Pusdatin) Kementan, Deputi Bidang Statistik Produksi Badan Pusat Statistik, Erizal Jamal, perwakilan Deputi Informasi Geospasial Tematik, perwakilan Ditjen Aplikasi Informatika (APTIKA) Kemenkominfo, Habibullah dan para Kepala Dinas Pertanian 34 Propinsi se Indonesia.

 

KEYWORD :

Kementan Syukur Iwantoro Pusdatin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :