Rabu, 06/07/2022 22:50 WIB

Korban Erupsi Gunung Sinabung Rentan Terkena Penyakit Kulit

Bencana alam di Gunung Sinabung telah mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan, termasuk pada kulit.

Bencana alam di Gunung Sinabung telah mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan, termasuk pada kulit

Jakarta - Melanjutkan keberhasilan program  Vaseline Healing Project, di bulan April mendatang, bersama Direct Relief akan bekerjasama dengan HeartIndo untuk menggelar “Vaseline Healing Project” edisi kedua di wilayah Desa Batukarang yang terletak ±25 km dari Gunung Sinabung.

HeartIndo adalah sebuah NGO yang bertujuan menjadikan Indonesia khususnya Sumatera menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang. Bersama Unilever Indonesia sebagai salah satu mitra utama, HeartIndo telah memiliki jam terbang yang tinggi dalam menjalankan berbagai program sosial di bidang kesehatan, pendidikan, pertanian, maupun teknis.

Mengenai alasan pemilihan wilayah target, dr. Apsari Diana Kusumastuti, MARS selaku pendiri HeartIndo dan Ketua Tim Panitia Vaseline Healing Project di Desa Batukarang menerangkan Desa Batukarang adalah desa dengan jumlah kepadatan penduduk tertinggi yang terkena dampak cukup berat dari bencana erupsi Gunung Sinabung.

Hingga saat ini, bantuan yang diterima masyarakat masih sangat minim dalam meringankan beban warga, dan mereka juga tidak memiliki sumber air bersih dari PDAM sejak 2010 atau sejak erupsi pertama kali terjadi.

Bencana alam ini telah mengakibatkan berbagai permasalahan kesehatan, seperti Infeksi Saluran Pernapasan Atas, diare, dan beragam masalah kesehatan kulit yang tentunya makin memperburuk produktivitas dan kualitas hidup masyarakat setempat.

Untuk mengatasi masalah kulit, saat ini warga Desa Batukarang hanya bisa mengandalkan tiga orang bidan desa yang bertugas disana karena bagi mereka biaya perjalanan menuju Puskesmas menggunakan transportasi umum dinilai cukup mahal.

"Oleh karena itu, saya percaya program ini akan sangat diterima dengan baik dan membawa dampak yang sangat positif bagi para warga,” ungkap dr. Apsari.

Nantinya, program ini akan menyasar 200 warga Desa Batukarang, dan seperti program sebelumnya, kegiatan yang dilaksanakan tetap akan berfokus pada edukasi dan sosialisasi tentang kesehatan kulit kepada para warga dan petugas kesehatan setempat, konsultasi dan layanan untuk memperbaiki masalah kulit warga, serta pemberian donasi berupa produk Vaseline Repairing Jelly dan obat-obatan lainnya.

“Kami berharap program ini dapat membantu masyarakat yang membutuhkan untuk menikmati hidup yang lebih berkualitas dengan kulit yang sehat. Tak kalah pentingnya, semoga program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengonsultasikan kondisi kulit mereka kepada para ahli sehingga permasalahan kulit mereka dapat diperbaiki sebelum menjadi masalah yang lebih serius,’’jelas dr Apsari.

TAGS : gunung sinabung penaykit kulit kesehatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :