Sabtu, 13/08/2022 18:54 WIB

Belasan Ibu Rumah Tangga di Depok Lulus Pelatihan Coding Mum

Jika selama ini coding identik dengan kerja-kerja profesional di teknologi komputer, kini para ibu juga bisa belajar coding.

eka


Depok - Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama dengan PT Kolaborasi Ide Kreatif (Kolla Space) menyelenggarakan acara penutupan Coding Mum Depok pada hari Senin (2/4) di Code Margonda, Depok Jawa Barat.  Kegiatan pelatihan yang dimulai sejak 16 Maret lalu diikuti oleh 20 peserta yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga.

Coding mum sendiri merupakan salah satu program unggulan Bekraf yang dikemas dalam bentuk pelatihan programmer yang diperuntukkan bagi ibu - ibu rumah tangga, buruh migran dan penyandang disabilitas.

Menurut Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Bekraf, Mariaman Purba kegiatan ini bertujuan memberikan keterampilan di bidang digital khususnya dalam pembuatan front end website yang sangat dibutuhkan di era perkembangan digital masa kini.

"Pelatihan Coding Mum merupakan bagian dari skenario besar yang dilakukan Bekraf dalam mencapai sasaran strategis dalam upaya menyerap tenaga kerja sektor ekonomi kreatif sehingga mampu mencapai target 17 juta orang pelaku ekonomi kreatif di tahun 2019 mendatang," ucap Mariaman saat ditemui di acara penutupan Coding Mum, di Depok.

Mariaman memaparkan bahwa era digital ini, belajar coding tak hanya milik lapangan profesional tetapi semua kalangan, termasuk ibu rumah tangga. "Dengan belajar coding kita dapat membuat pemograman untuk berbisnis secara online, yang nantinya akan meningkatkan skill maupun ekonomi," ucapnya.

Di awal kegiatan diadakan di 7 kota, diawali di Depok, Surabaya, Makassar, Garut, Tasikmalaya, Pemalang, dan Pekalongan. Dalam kesempatan ini terdapat 18 ibu rumah tangga yang mempresentasikan hasil pelatihan Coding Mum.

TAGS : ibu rumah tangga coding mum pemrogaman depok




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :