Jum'at, 14/05/2021 17:29 WIB

Trump Angkat Pejabat Keamanan era Bush

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mencopot Penasihat Keamanan Nasional HR McMaster.

John Bolton (foto: BBC)

Washington - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mencopot Penasihat Keamanan Nasional HR McMaster. Mantan anggota akademi militer AS itu digantikan oleh pejabat keamanan era Presiden Bush, John Bolton.

Dalam kicauannya di Twitter, Trump mengucapkan terima kasih kepada McMaster, sembari berharap hubungan keduanya tak terganggu oleh pencopotan tersebut.

"Saya mengumumkan bahwa, per 4 April 2018, John Bolton akan menjadi Penasihat Keamanan Nasional. Saya berterima kasih atas jasa Jenderal HR McMaster, yang telah menyelesaikan tugasnya, dan saya harap hubungan pertemanan kami tetap berjalan," tulis Trump di akun resminya @realRonaldTrump.

Diketahui, Bolton merupakan sosok yang menarik perhatian Trump. Bahkan sebelum menjabat sebagai Penasihat Keamanan Nasional, politisi dari Partai Republik itu mendukung Presiden AS menyerang Korea Utara dan Iran.

"Memastikan presiden nantinya punya berbagai pilihan," terang Bolton kepada Fox News.

Dilansir dari BBC, pengangkatan Bolton tidak memerlukan konfirmasi persetujuan Senat AS. Karenanya, sebagai Penasihat Keamanan Nasional ketiga Trump selama 14 bulan ke depan, dia akan resmi menjabat posisi tersebut pada 9 April nanti.

TAGS : Amerika Serikat Donald Trump John Bolton




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :