Rabu, 06/07/2022 23:44 WIB

Gunung Sinabung Meletus Hebat Pagi Ini

Pemerintah menaikkan status Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA) dari Orange menjadi Red.

Letusan Gunung Sinabung, Sumatera Utara

Jakarta - Pagi ini, (19/2)  Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengabarkan, Gunung Sinabung yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara meletus hebat.

"Gunung Sinabung meletus dengan tinggi kolom abu vulkanik 5 km dan disertai luncuran awan panas 3,5-4,9 km. Tidak ada korban jiwa," tulis Sutopo mengabarkan melalui akun twitternya.

Dituliskannya, tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 5.000 m disertai suara gemuruh dan disertai awan panas dengan jangkauan ke arah timur laut sejauh 3.500 m dan ke arah selatan sejauh 4.900 m. Tidak ada korban jiwa.

“Awan panas menjangkau arah timur laut hingga 3.500 meter dan ke selatan 4.900 meter, tidak ada korban jiwa,” ujar Sutopo.

Dengan kejadian itu, Sutopo menyampaikan, Pemerintah menaikkan status Volcano Observatory Notice for Aviation (VONA) dari Orange menjadi Red. Gunung Sinabung pernah meletus hebat pada 2010-2011 yang menyebabkan terjadi pengungsian massal. Sempat reda, namun meletus lagi pada 2013. Dan  saat ini berstatus awas.

TAGS : Gunung Sinabung BNPB Sumatera Utara




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :