Sabtu, 04/12/2021 15:08 WIB

Catat, Diploma IV Setara dengan Sarjana

Menurut Menristekdikti, lulusan Diploma IV kerap mengalami kesulitan di dunia kerja.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir

Jakarta – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menegaskan bahwa lulusan Diploma IV (D4) setara dengan sarjana (S1).

Pernyataan itu diungkapkan menyikapi masih adanya anggapan D4 tidak setara dengan sarjana akademik. Akibatnya lulusan D4 kerap mengalami kesulitan di dunia kerja. Padahal saat ini pemerintah justru sedang getol-getolnya meningkatkan pendidikan vokasi dan politeknik.

“Lulusan politeknik kita harapkan menjadi ‘pemain tengah’ dalam penyiapan sumber daya manusia Indonesia yang unggul dan punya daya saing,” ujar Menristekdikti di kampus Politeknik Negeri Ujung Pandang, Makassar, pada Kamis (15/2).

Menristekdikti mengatakan, saat ini pemerintah sedang fokus melakukan revitalisasi politeknik, yang dimulai dari revitalisasi kurikulum, penguatan kapasitas dan kapabilitas dosen hingga kompetensi mahasiswa.

Kurikulum politeknik dirancang dengan skema 3-2-1. Yaitu tiga semester di kampus, dua semester di industri, dan satu semester di kampus atau industri untuk menyelesaikan tugas akhir. Diharapkan dengan skema ini akan menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi.

TAGS : Pendidikan Kemristekdikti Diploma IV Sarjana Mohamad Nasir




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :