Sabtu, 16/10/2021 14:58 WIB

Jumat Bersejarah Bagi Duo DM dan Ridwan Kamil

Ilustrasi

Jakarta - Jumat, 5 Januari 2018, barangkali akan menjadi Jumat bersejarah bagi duo DM (Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi) dan Ridwan Kamil (RK). Dalam hari yang sama, mereka mendapat dukungan politik guna maju pada Pilgub Jabar 2018 dari dua partai besar, PDIP dan Partai Golkar.

Duo DM secara resmi mendapat Surat Keputusan (SK) dukungan dari Partai Golkar. Sedangkan pada Jumat yang sama, rapat petinggi PDIP memutuskan mendukung Ridwan Kamil.

SK dukungan Partai Golkar diserahkan langsung oleh Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto kepada Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi. Lewat SK tersebut, Deddy Mizwar sebagai cagub dan Dedi Mulyadi cawagub.

Usai menerima keputusan tersebut,  Dedi Mulyadi mengatakan akan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah Jabar pada tanggal 9 Januari 2018 usai shalat Ashar.

"Jadi posisi gimana pun kalau memberi kontribusi bagi masyarakat tidak ada problem," kata Dedi Mulyadi.

Dukungan Golkar melempangkan jalan bagi duo DM melaju ke Pilgub Jabar 2018. Setelah sebelumnya didukung Partai Demokrat, dan kini mengantongi SK Partai Golkar, maka mereka telah memenuhi syarat mendaftar sebagai pasangan calon (paslon) Pilgub Jabar. Setiap paslon harus mendapat dukungan dari partai atau gabungan partai yang memiliki 20 kursi DPRD Jawa Barat. Partai Demokrat memiliki 12 kursi, sedangkan Golkar 17 kursi. Jika digabung, berjumlah 29 kursi, jauh di atas persyaratan pendaftaran paslon.

Jumlah kursi tersebut besar kemungkinan akan bertambah. Sebab, PAN juga bakal bergabung dalam koalisi Demokrat-Golkar. Jika ditambah empat kursi PAN, maka duo DM total akan didukung oleh gabungan partai dengan 33 kursi DPRD Jawa Barat.

Sementara itu, pada Jumat yang sama, Ridwan Kamil mendapat dukungan dari PDIP. Dukungan tersebut diumumkan seusai rapat internal pengurus teras DPP PDIP di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat.

"Rapat memutuskan PDIP mendukung Ridwan Kamil," ujar Ketua DPP PDIP Andreas Hugo Pareira kepada wartawan, Jumat (5/1/2018).

Andreas menuturkan PDIP siap memenangkan Ridwan Kamil di Jabar, dengan memperkuat koalisi NasDem, PPP, PKB, dan Hanura. Koalisi ini merupakan paling gemuk di Pilgub Jabar. Jika digabung, jumlah kursi kelima partai di DPRD Jabar sebanyak 44 kursi, lebih dari dua kali lipat persyaratan pendaftaran pasangan calon.

Selain duo DM dan Ridwan Kamil, paslon selanjutnya yang bakal memarakkan Pilgub Jabar adalah Sudrajat-Syaikhu. Mereka diusung oleh koalisi Partai Gerindra-PKS. Jumlah kursi gabungan kedua partai di DPRD Jawa Barat sebanyak 23 kursi.   

TAGS : Pilgub Jabar 2018 Duo DM Ridwan Kamil




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :