Senin, 27/09/2021 17:53 WIB

Cucun Syamsulrijal Minta Anggota Parlemen Teladani Otista

Cucun menyerukan generasi muda Sunda harus mengenal Oto Iskandar Di Nata.

Cucun Ahmad Syamsulrijal

Soreang - Anggota DPR RI Komisi IV sekaligus sekretaris Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsulrijal, mengajak anggota parlemen untuk meneladani keberanian Oto Iskandar Di Nata, atau yang dikenal dengan sebutan Otista.

Hal itu ia sampaikan dalam acara bedah buku Oto Iskandar Di Nata: The Untold Stories, hasil penelitian Iip D. Yahya di Pondok Pesantren Sirojul Huda, Parung Serab, Soreang.

"Otista adalah tokoh Sunda yang patut kita teladani utamanya sebagai anggota parlemen untuk terus membela rakyat," kata Cucun, Sabtu (16/12).

Dalam orasinya, Cucun menyerukan generasi muda Sunda harus mengenal Oto Iskandar Di Nata. Jiwa patriotisme pahlawan nasional kelahiran Bojongsoang, Kabupaten Bandung ini bisa dijadikan role model bagi anak muda sekarang.

"Jangan sampai nama Otista dijadikan nama jalan, tetapi kita orang Bandung tidak tahu siapa beliau ini," ujarnya.

Sebagai anggota legislatif, Cucun juga berharap semua anggota parlemen meneladani sosok pahlawan asal Sunda ini. Ia menyebut perjuangan sekaligus gaya negoisator Otista patut dicontoh.

"Saya berharap akan lahir Oto baru dari anggota legislatif untuk selalu membela rakyat, anggota dewan yang membela ketidakadilan" ungkapnya.

Di tempat yang sama, sang penulis buku, Iip D. Yahya mengungkapkan The Untold Stories merupakan lanjutan dari penelitian sebelumnya. Dia mengatakan buku sebelumnya belum menjawab hal ihwal alasan Otista dibunuh.

"Pak Oto itu timsesnya Bung Karno. Saat sidang PPKI, dia mengusulkan Bung Karno dan Bung Hatta untuk memimpin Indonesia," terangnya.

Oto Iskandar Di Nata merupakan pahlawan kelahiran Bojongsoang Bandung. Pada 6 November 1973, Oto mendapatkan gelar pahlawan dari pemerintah pada 1973 silam. Meskipun demikian, kematian Oto tragis dibunuh oleh kelompok Laskar Hitam.

 

TAGS : PKB Cucun Ahmad Syamsulrijal Otista




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :