Minggu, 21/07/2024 14:15 WIB

Arab Saudi dan Sekutunya Tutup Semua Jalur Menuju Yaman

Sekutu gabungan itu dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menuduh Iran sebagai dalang atas serangan.

Pengembangan nukir Iran (Foto: EPA)

Dubai - Arab Saudi bersama pasukan militer sekutunya menyatakan telah menutup semua jalan melalui udara, darat, dan laut menuju Yaman. Ini diberlakukan sementara untuk membendung aliran senjata dari Iran kepada pemberontak Houthi.

Langkah itu menyusul dicegatnya sebuah peluru kendali yang ditembakkan menuju Riyadh pada pekan kemarin. Bagi Arab Saudi, peristiwa tersebut sebagai peningkatan serangan berbahaya oleh gerakan Houthi yang bersekutu dengan Iran, dalam mengendalikan sebagian besar wilayah Yaman.

Sekutu gabungan itu dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump menuduh Iran sebagai dalang atas serangan. Padahal Kepala Pengawal Revolusi Iran membantah tuduhan itu dan menganggap ucapan Trump tersebut sebagai sebuah fitnah.

Pertahanan udara Arab Saudi berhasil mencegat peluru kendali balistik dan dijatuhkan di dekat bandar udara Riyadh tanpa menyebabkan adanya korban jiwa. "Komando Pasukan Gabungan memutuskan untuk sementara waktu menutup semua pelabuhan udara, laut dan perbatasan darat menuju Yaman," dilansir kantor berita Saudi, SPA.

KEYWORD :

Rudal Balistik Arab Saudi Iran Donald Trump




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :