Kamis, 02/12/2021 22:19 WIB

Posting Angka Kejahatan di Inggris, Trump Dituding Menyebar Kebencian

Donald Trump dituding menyebarkan kejahatan dan kebencian melalui sebuah tweet yang secara keliru menghubungkan kenaikan tingkat kejahatan Inggris dengan teror Islam radikal.

Presiden Amerika, Donald Trump (Foto: AFP / Saul Loeb)

Jakarta - Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dituding menyebarkan kejahatan dan kebencian melalui sebuah tweet yang secara keliru menghubungkan kenaikan tingkat kejahatan Inggris dengan teror Islam radikal.

Ia mengatakan, kejahatan di Inggris meningkat sebesar 13% di tengah meluasnya teror Islam. Meskipun angka tersebut mengacu pada semua kejahatan, tidak hanya terorisme.

"Baru keluar laporan: "Kejatahan di Inggris meningkat 13% per tahun di tengah  meluasnya teror Islam Radikal." Tidak bagus, kita harus menjaga Amerika tetap aman!" kicau Trump 

Anggota parlemen Buruh, Yvette Cooper, mengatakan, pernyataan tersebut bersifat peradangan dan tidak tahu apa-apa, sementara mantan pemimpin Partai Buruh Ed Miliband  menyebut Trump "orang tolol".

PTrump menggunakan data dari update kejahatan terbaru dari Office for National Statistics (ONS), yang melaporkan kejataha di Inggris meningkat13% dari semua pelanggaran dalam 12 bulan hingga Juni.

Angka itu mencakup Inggris dan Wales, bukan seluruh Inggris. Polisi mencatat pelanggaran 5.2m pada tahun lalu, sebagian besar tidak terkait dengan terorisme. Peningkatan itu tercatat dari berbagai tindakan pidana pelanggaran di antarnya, ketertiban umum, menguntit dan melecehkan, memiliki senjata dan perampokan.

Statistik  yang tidak mengacu pada "teror Islam radikal" -menunjukkan, 35 dari 664 kasus pembunuhan di Inggris dan Wales disebabkan oleh serangan teror di London dan Manchester.

Media Amerika Serikata telah berspekulasi apakah tweet Trump menyusul sebuah laporan TV di One America News Network, sebuah saluran TV konservatif, yang menayangkan statistik pada  Jumat pagi.

TAGS : Donald Trump Inggris Wales Kejahatan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :