Selasa, 05/07/2022 14:16 WIB

Pemerintah Diminta Galang Kekuatan ASEAN dan PBB Tekan Myanmar

Pemerintahan Presiden Jokowi diminta untuk menggalang kekuatan bersama negara yang tergabung dalam ASEAN untuk menekan pemerintah Myanmar.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PKB, Syaiful Bahri Anshori

Jakarta - Pemerintahan Presiden Jokowi diminta untuk menggalang kekuatan bersama negara yang tergabung dalam ASEAN untuk menekan pemerintah Myanmar untuk segera menghentikan kejahatan kemanusiaan terhadap warga muslim Rohingya.

Anggota Komisi I DPR Syaiful Bahri Anshori mengatakan, Pemerintah harus menggalang negara ASEAN dan melalui forum internasional terutama PBB untuk bersama-sama menghentikan kejahatan kemanusiaan tersebut.

"Agar pemerintah menggalang kebersamaan masyarakat ASEAN untuk bersama-sama menekan pemerintah Myanmar segera menghentikan bentuk kekerasan terhadap rakyatnya," kata Syaiful, ketika dihubungi, Jakarta, Senin (18/9).

"Melalui forum-forum internasional terutama PBB, pemerintah Indonesia mengajak dan  mendesak kepada forum-forum tersebut agar pemerintah Myanmar menghentikan segala bentuk kekerasan terhadap rakyatnya sendiri," tegasnya.

Selain itu, lanjut Syaiful, sebagai bangsa yang berdaulat bangsa Indonesia juga harus siap apabila PBB minta bantuan keamanan.

"Tentara kita harus siap apabila PBB minta bantuan untuk perdamaian dan keamanan Myanmar," kata politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Dalam kesempatan itu, ia juga berharap agar sejumlah negara dapat menerima dan menampung warga muslim Rohingya yang mengungsi.

"Yang terahir mengimbau kepada semua negara yang menjadi tempat pengungsian rakyat Rohingnya harus menerima dengan baik," tegasnya.

TAGS : Rohingya Myanmar DPR Kejahatan Kemanusiaan




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :