Selasa, 23/04/2024 20:41 WIB

Kemnaker Apresiasi Perusahaan yang Memperkerjakan Penyandang Disabilitas

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan apresiasi kepada  sepuluh perusahaan yang memperkerjakan penyandang disabilitas.

Kemnaker beri apresiasi pada perusahaan

Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberikan apresiasi kepada  sepuluh perusahaan yang memperkerjakan penyandang disabilitas.  Penghargaan tersebut diberikan pada pembukaan Jobfair Kemnaker di Jakarta Internasional Expo (JIEXPO) Kemayoran pada Jumat (25/8/2017).

Sekretaris Jenderal Kemnaker Hery Sudarmanto mengatakan  perusahaan baik BUMN/BUMD ataupun swasta wajib memberikan kesempatan yang sama bagi para rekan disabilitas. Pasalnya penyandang disabilitas juga memiliki kesempatan yang sama untuk bekerja. 

"Jangan dilihat keterbatasannya, tapi dilihat kompetensinya. Berikan kesempatan kerja bagi penyandang disabilitas," ujar Hery.

Hery menambahkan, pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia harus dilakukan secara inklusif, artinya siapa saja dan apapun kondisinya berhak mendapat akses ke pendidikan dan mendapatkan pekerjaan yang layak.

"Pemerintah pun memberikan perlindungan kepada para penyandang disabilitas melalui jaminan sosial yang diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan," kata Hery.

Pemerintah terus mendorong agar perusahaan-perusahaan dapat memberikan kesempatan kerja lebih luas kepada penyandang disablitas. Tentunya mereka dapat bekerja disesuaikan dengan jenis dan derajat kecacatan, pendidikan dan kemampuannya.

Berdasarkan UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang disabilitas telah mengamanatkan perusahaan swasta untuk mempekerjakan 1 persen penyandang disabilitas dari total pekerjanya sedangkan  perusahaan BUMN sebanyak 2 persen.

"Kepada penyandang disabilitas, Hery berpesan agar tidak  berkecil hati dan tetap optimistis mampu bekerja di perusahaan serta terus meningkatkan kompetensi.

"Teruslah berusaha menjadi pribadi yang lebih baik, tentunya dengan meningkatkan kompetensi," tukasnya.

Adapun sepuluh perusahaan yang mendapat penghargaan adalah:

  1. Nakamura Holistic Theraphy dari Surakarta, Jawa Tengah.
  2. PT Jatim Autocom, Jawa Timur.
  3. Maya Ubud dan Spa, Provinsi Bali.
  4. PT. Changshin Reksa Jaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat.
  5. PT. Budi Sehat Sentra Dragnostika, Kota Surakarta, Jawa Tengah.
  6. PT. Ekamas International Hospital, Provinsi Riau.
  7. PT. Dadi Mulyo Sejati, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.
  8. Kopkartel Jambi, Provinsi Jambi.
  9. CV. Wilgant Mobil, Kabupaten Batubara, Sumatera Selatan.
  10. PT. Ajun Putra Permai, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara.

Seperti diketahui, Jobfair 2017 Kemnaker yang diselenggarakan di JIEXPO Kemayoran terbuka juga untuk para rekan disabilitas. Sebanyak 12 ribu lowongan kerja dari berbagai sektor tersedia dalam bursa kerja nasional (Jobfair) di Jakarta Internasional Expo (JIEXPO) Kemayoran yang digelar tanggal 25-26 Agustus 2017 mulai pukul 08.00-16.00.

KEYWORD :

Info Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri Menaker




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :