Sabtu, 23/09/2023 14:21 WIB

Dave Laksono: Sesama ASEAN Wajib Bantu Warga Muslim Rohingya

Dave menekankan Indonesia berinisiatif ajak negara ASEAN lakukan penyelamatan bersama melobi Myanmar agar kekerasan terhadap minoritas muslim Rohingya segera dihentikan

Pengunsi Rohingya meninggalkan kampung halamannya ke Bangladesh (Foto: Al jazeera)

Jakarta - Anggota komisi I DPR Fraksi Golkar Dave Akbar Laksono mendukung pemerintah melanjutkan uluran bantuannya kepada warga muslim Rohingya yang menjadi korban kekerasan aksi milter Myanmar.

Menurutnya, pemerintah tak perlu terpengaruh kendati penguasa Myanmar Aung San Suu Kyi mendesak Indonesia mencampuri urusan dalam negerinya.

Dave menyampaikan bantuan Indonesia akan sangat berarti bagi sesama manusia yang lain ditengah penderitaan pembantaian.

"Jadi kita sebagai sesama negara ASEAN, wajib membela para tetangga kita," ujar Dave kepada Jurnas.com di Jakarta, Sabtu (2/9/2017). 

Dave menegaskan apa yang terjadi kepada muslim Rohingya adalah kejahatan kemanusiaan. Ia menekankan adanya upaya penyelamatan bersama yang diinisiasi negara ASEAN melobi Myanmar agar kekerasan terhadap minoritas muslim Rohingya segera dihentikan.

"Terlepas apapun agama dan kepercayaan mereka. Ini adalah masalah perlakuan antar sesama manusia," ucapnya.

Dave mengkritik sikap arogan pemerintah Myanmar yang terus melakukan penembakan secara brutal terhadap warga muslim Rohingya. Apalagi, kata dia, pemerintah Muanmar terkesan menutup telinga terhadap saran negeri tetangga.  

"Pemerintah secara tegas dan kejam melakukan genosida dan menutup bantuan dunia luar. Apabila ada dari mereka (warga muslim Rohingya) yang melakukan tindakan kriminal, itu di karenakan mereka di tekan habis-habisan oleh pemerintah dan tidak di berikAn akses apapun. Sehingga mereka memberontak," ungkapnya.

TAGS : komisi I Dave Akbar Laksono Rohingya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :