Sabtu, 20/04/2024 02:03 WIB

KOI Murka Atas Keteledoran Malaysia

KOI akan melancarkan protes kepada National Olympic Committe (NOC) Malaysia atas insiden ini.

Ketua Umum KOI Erick Tohir

Jakarta – Komite Olahraga Indonesia (KOI) menyesalkan terjadinya kesalahan pemuatan bendera Indonesia terbalik dalam buku panduan Sea Games 2017 di Malaysia. Ketua Umum KOI Erick Thohir menyebut tindakan itu merupakan bentuk keteledoran Malaysia sebagai pelaksana Sea Games tahun ini.

“Sudah tentu saya menyampaikan penyesalan yang mendalam atas kesalahan fatal tersebut. Ini menunjukkan keteledoran dan ketidaktelitian. Meski persahabatan adalah warisan terbesar dalam olahraga, namun kesalahan dalam menampilkan atau menyajikan identitas negara lain, tetap tidak dibenarkan,” ujar Erick Thohir dalam siaran pers, Minggu (20/8) di Jakarta.

Karena itu, Erick Thohir berharap kejadian serupa tidak terjadi di kemudian hari, demi menghindari hal-hal yang dapat merusak hubungan kedua negara. “Walaupun ini terjadi di dunia olahraga, jangan sampai ada hal-hal yang mengganggu hubungan antar negara karena hal-hal seperti ini,” tambahnya.

Selanjutnya, KOI akan melancarkan protes kepada National Olympic Committe (NOC) Malaysia atas insiden ini. Sebagaimana Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) selaku wakil pemerintah juga akan melakukan hal yang sama.

“Kami akan menyampaikan nota protes dan keberatan kepada Presiden NOC Malaysia Tunku Imran dan Sekjen Beng Cop Low tentang hal ini. Sekaligus minta buku tersebut ditarik dari peredaran serta diganti dengan pemuatan bendera Merah Putih yang benar,” tuturnya.

Pemuatan bendera Merah Putih terbalik menggemparkan jagad maya, pada Sabtu (19/8) kemarin. Di halaman ke-80 terpampang jelas posisi bendera Indonesia terpasang terbalik. Bendera terbalik ini sebenarnya untuk mendakan negara yang sudah menjadi tuan rumah Sea Games.

Anehnya, kesalahan cetak hanya terjadi pada bendera Indonesia. sementara bendera sepuluh negara lainnya terpasang benar.

“Pembukaan #SeaGames2017 yang bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita... Merah Putih. Astaghfirullaah,” ujar Menpora Imam Nahrawi geram lewat akun Twitternya.

KEYWORD :

Bendera terbalik Sea Games 2017 Malaysia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :