Minggu, 21/04/2024 21:26 WIB

LSM Jerman Puji Kinerja DPR, Fahri: Alhamdulillah

Sebuah lembaga swadaya dari Jerman menilai DPR merupakan parlemen paling terbuka diantara negara Asia Tenggara (ASEAN).

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah

Jakarta - Sebuah lembaga swadaya dari Jerman menilai DPR merupakan parlemen paling terbuka diantara negara Asia Tenggara (ASEAN).

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menanggapi positif penilaian yang disampaikan lembaga swadaya Jerman tersebut. Menurutnya, DPR perlu inovasi tidak hanya dalam kerja legislasi tapi juga bagaimana parlemen berinteraksi dengan publik.

"Kita tentu bangga jika DPR dinilai paling terbuka karena itu artinya salah satu indikator membaiknya demokrasi Indonesia, Alhamdulillah," kata Fahri, di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (10/8).

Sebagai Ketua Tim Implementasi Reformasi dan Modernisasi DPR, Fahri menyebut, keterlibatan publik dalam proses demokrasi adalah salah satu target besar yang menjadi cita-cita tim reformasi DPR.

"Meskipun diterpa banyak isu, parlemen modern yang transparan dan memanfaatkan teknologi pada setiap prosesnya akan jadi legacy DPR periode ini," terangnya.

Diketahui, Koordinator Gesellschaft fur Internationale Zusammenarbeit (GIZ) Bernardo R. Agawin, melakukan studi di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (9/8) kemarin.

Dari hasil studi tersebut, ia menyampaikan bahwa parlemen Indonesia menempati urutan pertama kategori parlemen paling transparan diantara parlemen negara kawasan. Alasannya, dalam praktiknya, parlemen Indonesia sangat terbuka kepada stakeholdersnya.

KEYWORD :

Hak Angket KPK Paripurna DPR Setya Novanto




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :