Selasa, 24/05/2022 15:57 WIB

Internasional

Pesawat Bomber AS Kembali Panaskan Semenanjung Korea

Ini merupakan kali kedua pesawat B-1B tersebut mengudara di Korea

Pesawat Bomber B-1B milik AS

Seoul – Pasca Korea Utara melakukan uji coba peluncuran rudal balistik pada Jumat (28/7) kemarin, Amerika Serikat (AS) kembali mengirim pesawat bomber tipe B-1B ke Semenanjung Korea. Ini merupakan kali kedua pesawat B-1B tersebut mengudara di Korea, sejak terakhir pada 8 Juli silam.

Dikutip dari Reuters, AS juga mendorong Jepang, China dan Korea Selatan supaya melakukan hal serupa demi menekan Korut menghentikan program nuklirnya.

“China harus segera bertindak. Begitu juga Jepang dan Korea Selatan agar meningkatkan tekanan dan solusi internasional untuk menyelesaikan masalah Korut,” kata Duta Besar AS Nikki Halley, Senin (31/7).

Sementara Kementerian Luar Negeri China mengatakan tetap berhati-hati menyikapi Korut. Meski pihaknya menentang peluncuran rudal Korut yang melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

“China berharap semua pihak menahan diri demi mencegah ketegangan semakin meningkat,” ujar Kemenlu China dalam sebuah pernyataan pers.

Sebelumnya, Korut mengklaim keberhasilan mereka meluncurkan rudal balistik pada Jumat lalu. Rudal tersebut diketahui jatuh di perairan yang masuk di dalam kawasan teritorial Jepang.

TAGS : Korea Utara Pesawat Bomber Nuklir




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :