Rabu, 21/04/2021 12:13 WIB

Persidangan Pembunuhan Kim Jong Nam Digelar 2 Oktober

Pengadilan Malaysia telah menentukan tanggal persidangan dua wanita yang dituduh melakukan pembunuhan kepada saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un pada 2 Oktober mendatang.

Doan Thi Huong dari Vietnam dan Siti Aishah dari Indonesia (Foto: Reuters)

Kuala Lumpur - Pengadilan Malaysia telah menentukan tanggal persidangan dua wanita, yang dituduh melakukan pembunuhan kepada saudara tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, pada 2 Oktober mendatang.

Reuters malansir, Siti Aishah, 25, dari Indonesia dan Doan Thi Huong, 28, dari Vietnam, didakwa melakukan pembunuhan terhadap Kim Jong Nam di bandara Kuala Lumpur pada 13 Februari, dengan mengoleskan VX pada wajah kakak Kim Jong Un itu.

"Kita akan memulai persidangan pada bulan Oktober," ujar Hakim Azmi Ariffin. "Persidangan telah diperbaiki untuk kedua kalinya." Jika terbukti bersalah, keduanya dapat menghadapi hukuman mati.

Mendengar pernyataan itu, tersangka dari Vietnam yakni Doan terlihat tersenyum, berbeda dengan Siti Aisyah yang justu terlihat menangis setelah mengetahui hukuman yang akan dijatuhkan, jika dirinya terbukti bersalah.

Jaksa Muhammad Iskandar Ahmad mengatakan bahwa pihaknya telah memberikan 33 dokumen dan rekaman CCTV, serta akan memanggil 30 sampai 40 saksi, tergantung pada proses persidangan yang akan berlangsung.

"Setelah melihat CCTV, saya harap hakim akan memiliki pemahaman yang lebih baik mengenai situasi yang terjadi," kata pengacara Siti Aisyah, Gooi Soon Seng, ia juga menambahkan bahwa dirinya telah meminta kunjungan ke TKP selama persidangan.

Kim Jong Nam adalah anak tertua pemimpin Korea Utara Kim Jong Il. Adik tirinya yakni Kim Jong Un, menjadi pemimpin Korut setelah ayah mereka meninggal pada 2011 lalu.

Pihak Amerika Serikat dan Korea Selatan meyakini bahwa rezim Korea Utara lah yang sebenarnya berada di balik pembunuhan tersebut. Kim Jong Nam sebelumnya pernah mengkritik peraturan-peraturan yang diberlakukan oleh dinasti keluarganya di Korea Utara.

Aisyah dan Huong menyatakan pada para diplomat dari negara mereka, bahwa mereka berpikir sedang berada dalam sebuah acara reality show TV, saat mereka melakukan penyerangan terhadap Kim Jong Nam.

TAGS : Internasional Malaysia Kim Jong Nam Korea Utara




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :