Kamis, 02/12/2021 16:56 WIB

INTERNASIONAL

Washington Langgar Kesepakatan Nuklir

Donald Trump melanggar kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan negara-negara besar.

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif

Jakarta - Diplomat tertinggi Iran, mengatakan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump melanggar kesepakatan nuklir 2015 antara Iran dan negara-negara besar.

"AS gagal menerapkan bagian dari tawar-menawar tersebut," kata Menteri Luar Negeri Mohammad Javad Zarif kepada CNN dikutip dari Financial Tribune pada Senin (18/7)

Ia menunjuk pada pertemuan terakhir Trump di Jerman dengan para pemimpin dunia. AS terbukti melanggar kesepakatan dua tahun itu.

"Trump menggunakan kehadirannya di Hamburg G20 untuk mencegah pemimpin dari negara lain terlibat dalam bisnis dengan Iran. Itu adalah pelanggaran bukan semangat  Joint Comprehensive Plan of Action, kesepakatan nuklir," kata Zarif.

"Saya percaya AS perlu menyesuaikan diri dengan partainya dari kewajiban berdasarkan kesepakatan. Zarif mengatakan Iran telah menghentikan kesepakatannya sebagaimana diverifikasi oleh Badan Energi Atom Internasional.

"IAEA telah memverifikasi, saya yakin, kata Zarif ujuh kali sejak tanggal implementasi bahwa Iran telah menerapkan kesepakatan tersebut dengan setia, sepenuhnya dan sepenuhnya," kata Zarif.

"Sayangnya, kami tidak bisa membuat pernyataan yang sama tentang AS."

TAGS : Kesepakatan Nuklir Iran Amerka Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :