Senin, 26/07/2021 05:20 WIB

Penolakan AS Soal Perubahan Iklim, Diabaikan Pemimpin Dunia

Para negara membuat pernyataan resmi bahwa kesepakatan yang dilakukan negara-negara dunia untuk membatasi kenaikan suhu global

Aksi protes pertemuan G20

Jakarta - Para pemimpin dunia yang hadir pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G-20, tetap komitmen dengan kesepakatan Paris terkait perbaruan komitmen pelaksanaan perubahan Iklim. Hanya Amerika yang menyatakan menolak.

Walau Amerika Serikat menyatakan menolak, para pemimpin tetap tidak terpengaruh dan mengurangi komitmen bersama itu. Pada pembahasan perubahan iklim, sempat terjadi perdebatan sengit. Namun akhirnya berhasil disepekati bersama.

Pembahasan yang berlangsung di Hamburg, Jerman yang diwarnai aksi unjuk rasa dengan kekerasan itu, para negara membuat pernyataan resmi bahwa kesepakatan yang dilakukan negara-negara dunia untuk membatasi kenaikan suhu global "tidak dapat diubah".

"Kami mencatat keputusan Amerika Serikat untuk menarik diri dari Persetujuan Paris," demikian pernyataan negara G-20.

Kanselir Jerman,  Angela Merkel dalam siaran persnya  mengatakan,  masih menyesalkan sikap Presiden Trump terhadap kesepakatan Paris, tetapi dia "bersyukur" 19 negara lainnya menentang upaya negosiasi ulang.

Sedangkan Presiden Prancis Emmanuel Macron masih berharap  Presiden Donald  Trump untuk mengubah pikirannya. "Saya tidak pernah putus asa untuk meyakinkannya karena saya pikir ini adalah tugas saya," ujarnya.

TAGS : Perubahan Iklim Gerakan G20 Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :