Minggu, 23/01/2022 06:21 WIB

INTERNASIONAL

Ini Beberapa Negara Paling Homophobic di Dunia

Homoseksualitas sepertinya masih menjadi pembahasan yang tabu diberbagai negara beberapa bahkan memiliki kebijakan serta hukuman berat bagi yang ketahuan melakukan praktek homseksualitas

Parade Gay

Jakarta - Homoseksualitas sepertinya masih menjadi pembahasan yang tabu diberbagai negara, beberapa negara bahkan sampai memberlakukan kebijakan serta hukuman berat bagi orang-orang yang ketahuan melakukan praktek homoseksualitas, dilansir dair newsweek, berikut beberapa negara yang dianggap paling homophobic.

1. Nigeria
Bisa dibilang Nigeria adalah negara paling homophobic sedunia, menurut poling yang dilakukan pada 2013 lalu, 97% wagra Nigeria tidak menerima perilaku homoseksualitas. Bahkan hubungan sejenis dapat menyebabkan seseorang mendekam sampai 14 tahun di penjara dan bentuk kekaguman dari seseorang yang sejenis merupakan hal yang ilegal.

2. Uganda
Kampala menjadi sorotan karena kebijakan anti LGBTnya. Negara ini bahkan memiliki undang-undang yang membuat pelaku homoseksualitas dihukum seumur hidup. Banyak aktivis gay dibunuh, dan warga yang diketahui sebagai homo didiskriminasi.

3. Senegal
Hampir menyamai rekor Uganda, menurut poling yang dilakukan di negara ini 96% warganya menemukan bahwa perilaku homoseksual itu sangat tidak diterima. Melakukan seks sesama jenis itu ilegal, dan diskriminasi terhadap kaum gay itu sudah sangat biasa.

4. Arab Saudi
Arab Saudi memiliki kebijakan hukum mati bagi pelaku gay, hukuman yang diberikan pun disesuaikan dengan kebijakan agama, jadi bagi orang yang melaksanakan praktek homoseksualitas akan dihukum cambuk sampai mati. Tapi beberapa laporan menyatakan meski terbilang ketat, namun homoseksualitas masih banyak terjadi di negara tersebut.

5. Iran
Iran memang tidak memiliki kebijakan yang membahas soal hak gay ataupun kebijakan anti-gay, namun sudah ada rencana untuk membahas persoalan tersebut. Presiden terdahulu Iran Mahmoud Ahmadinejad pernah mengatakan pada Amerika, "kita tidak memiliki homoseksual di negara kami, tidak seperti negaramu." Homoseksualitas merupakan hal yang ilegal di Iran, dalam beberapa kasus bahkan dapat memperoleh hukuman mati.

6. Sudan
Sama seperti negara di atas, gay dapat dihukum mati, bahkan upaya mengatur tindakan yang mendukung homoseksual dapat membuat seseorang dipenjara. Kabar baiknya adalah terdapat beberapa perubahan pada beberapa tahun terakhir karena mulai munculnya gerakan pro LGBT.

7. Korea Selatan
Meski Korea Selatan termasuk maju dalam berbagai bidang seperti teknologi, entertain dan ekonomi, namun negeri ginseng ini masih tertinggal jauh dalam persoalan hak asasi manusianya. Meski homoseksual tidak sampai mendapat hukuman mati, namun warga Korsel terkenal sangat homophobic, seringnya gay akan mengalami diskriminasi, bahkan sampai kehilangan pekerjaan.

TAGS : Internasional Homoseksualitas Homophobic LGBT




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :