Selasa, 30/11/2021 16:18 WIB

Internasional

Sah! Direktur FBI Dipecat. Begini Isi Suratnya

Comey dipecat berdasarkan pertimbangan Jaksa Agung Jeff Sessions.

Surat pemecatan dari Donald Trump (foto: Sky)

Washington – Sebuah surat yang menghampiri James Comey, Rabu (10/5) menandai akhir kiprahnya di badan investigasi Amerika Serikat (FBI). Donald Trump dengan pertimbangan Jaksa Agung Jeff Sessions memecat Comey dari jabatan Direktur FBI.

“Hampir semua orang (dalam rapat) setuju direktur telah melakukan kesalahan serius,” kata Jaksa Agung, Selasa (9/5) kemarin.

Dalam surat tersebut, Trump mengatakan rekomendasi pelengseran Comey berasal dari Jaksa Agung. Rekomendasi itu kemudian diteruskan menjadi perintah pemecatan. Berikut isi suratnya,

Kepada Direktur Comey,

Saya telah menerima sebuah surat yang dikirim oleh Jaksa Agung dan wakilnya, memberikan rekomendasi atas pemecatan Anda sebagai Direktur FBI. Saya menyetujui rekomendasi tersebut, dan per hari ini Anda telah dipecat dan agar segera meninggalkan kantor.

Saya senang Anda memberitahu bahwa saya tidak sedang berada di bawah investigasi Anda. Lalu saya menemui hakim di Kementerian Kehakiman dan menyimpulkan Anda tidak cukup baik memimpin FBI.

Keputusan ini sangat penting, karena kami akan mencari pemimpin FBI yang baru demi mengembalikan kepercayaan publik, dalam penegakan hukum.

Saya harap Anda kelak beruntung

 

Donald Trump

Belum jelas siapa yang akan menggantikan Comey sebagai direktur. Yang jelas, pemecatan Comeyy dikutip dari Sky tidak berhubungan dengan Rusia dan penyelidikan email Hillary Clinton beberapa waktu lalu.

TAGS : James Comey FBI Donald Trump Amerika




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :