Kamis, 18/04/2024 19:56 WIB

Pramuka Madrasah Jadi Ajang Cegah Bibit Radikal

Iven  tahunan tersebut menurut Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaarudin Amin bisa dijadikan ajang menumbuhkan semangat kebhinekaan.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI Kamarrudin Amin (foto: Jurnas)

Jakarta – Kegiatan Perkemahan Pramuka Madrasah Nasional (PPMN) kembali digelar untuk ketiga kalinya oleh Kementerian Agama, di Bumi Perkemahan Selawang Segantang Koba, Bangka Tengah, Kepuluan Bangka Belitung, pada 14 hingga 20 nanti .

Iven tahunan tersebut menurut Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kamaarudin Amin dalam rangka menumbuhkan semangat kebhinekaan di kalangan siswa didik.

Apalagi, lanjut Amin, perkembangan ideologi transnasional penebar bibit radikal sudah berkembang di lingkungan pendidikan. Karena itu, kegiatan ini berguna sebagai alternatif menginternalisasikan nilai-nilai persatuan tersebut.

Pramuka mampu menguatkan wawasan kebangsaan, serta menangkal ideologi transnasional. Salah satu kegiatannya adalah perlombaan bercerita jasa pahlawan Islam Indonesia dan ikrar madrasah cinta NKRI,” kata Amin di Kantor Kemenag, Jakarta, Selasa (9/5).

Amin menambahkan PPMN III memiliki peran strategis karena diikuti oleh hampir 800 anggota Gerakan Pramuka Penegak, yang notabene dari kalangan siswa Madrasah Aliyah di 34 provinsi.

“Sebagai salah satu kegiatan strategis di Kementerian Agama, ini merupakan momentum menanamkan nilai patriotisme, rasa setiakawan, dan menguatkan kecintaan terhadap tanah air,” ujarnya.

PPMN III mengusung tema ‘Kreatif, Terampil, dan Berkarakter’. Kegiatan ini sebelumnya sudah pernah terselenggara di Jawa Tengah (PPMN I) pada 2015, dan Ambon (PPMN II) pada 2016. Menteri Agama Lukman Hakin Saifuddin dijadwalkan membuka PPMN III pada 16 Mei nanti, dan dihadiri oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Bupati dan Walikota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kepala Kantor Kemenag Provinsi se-Indonesia, serta tokoh agama dan masyarakat.

KEYWORD :

PPMN III Pramuka Kementeria Agama Dirjen Pendis




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :