Kamis, 18/07/2024 15:11 WIB

Kalahkan Slovakia, Ukraina Buka Peluang ke 16 Besar Euro 2024

Ukraina kini bertengger di posisi kedua dengan 3 poin sama yang telah diraih Rumania yang akan bermain lagi Sabtu (22/6/2024)

Tim Nasional Ukraina (NobarTV)

Dusseldorf, Jurnas.com - Meski sempat tertinggal, Ukraina sukses membalikkan keadaan dan memetik kemenangan 2-1 atas Slovakia pada penyisihan grup E Euro 2024, Jumat (21/4/2024), di Stadion Markur-Spiel Arena, Dusseldorf.

Slovakia unggul lebih dahulu berkat gol yang dilesakkan penyerang Ivan Schranz. Namun, Ukraina tak mengenal menyerah dan berbalik unggul berkat gol Mykola Shaparenko serta pemain yang masuk sebagai pengganti Roman Yaremchuk.

Dalam pertandingan melawan Ukraina, Slovakia sebenarnya memiliki peluang pada menit ke-16. Sebuah tendangan bebas berhasil ditepis kiper. Namun, Slovakia berhasil mencetak gol beberapa saat kemudian tepatnya pada menit ke-17.

Gol berawal dari lemparan ke dalam yang dilakukan pemain Slovakia. Bola kemudian disambut umpan silang jarak jauh yang dikirim Lukas Haraslin. Bola lalu disundul Ivan Schranz dan menjebol gawang kiper Anatoliy Trubin.

Menit ke-27, giliran Ukraina yang memiliki peluang. Berawal dari serangan balik, bola berhasil dieksekusi Artem Dovbyk. Namun, tendangan kerasnya berhasil ditepis kiper Martin Dúbravka.

Menit ke-33, Ukraina kembali mendapatkan peluang. Mereka nyaris mencetak gol jika tendangan Andriy Yarmolenko tidak mengenai tiang.

Beberapa saat kemudian, serangan Ukraina kembali dimentahkan kiper Martin Dúbravka. Skor 1-0 untuk Slovakia bertahan hingga pertandingan babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Ukraina berinisiaf menyerang untuk menyamakan skor. Setelah serangkaian serangan, Ukraina akhirnya menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat aksi Mykola Shaparenko pada menit ke-53.

Berawal dari serangan balik, bola kemudian mengarah kepada bek kiri Oleksandr Zinchenko. Dia mengoper bola ke depan gawang dan disambut tendangan Shaparenko. Penjaga gawang Martin Dubavka tak mampu mencegah gawangnya dari kebobolan kali ini.

Menit ke-71, Ukraina kembali membuat peluang berkat serangan yang dilakukan Mykhailo Mudryk. Pemain Chelsea ini melepaskan tendangan kaki kiri, tetapi mengenai mistar gawang.

Serangan gencar yang dilakukan Ukraina kembali menemui hasil pada menit ke-80. Tim asuhan Serhiy Rebrov ini berbalik unggul berkat gol striker Roman Yaremchuk. Berawal dari serangan dari Mykola Shaparenko, pemain Dinamo Kyiv ini kemudian memberi umpan kepada Yaremchuk. Pemain bernomor punggung 9 ini sempat mengecoh kiper Dubrovka sebelum menceploskan bola ke gawang.

Ini menjadi gol ke-16 striker Valencia itu untuk negaranya. Dia masuk pada menit ke-67 menggantikan Artem Dovbyk.

Gol ini disambut gembira pendukung Ukraina termasuk mantan striker Andriy Shevchenko yang hadir di Stadion Markur-Spiel Arena. Dia menyaksikan langsung sebagai presiden Federasi Sepak Bola Ukraina.

Skor 2-1 untuk kemenangan Ukraina bertahan hingga pertandingan usai.

Kemenangan ini membuat Ukraina kembali membuka peluang melaju ke 16 besar. Tim asuhan Serhiy Rebrov kini bertengger di posisi kedua dengan 3 poin sama yang telah diraih Rumania yang akan bermain lagi Sabtu (22/6/2024).

Slovakia juga masih berpeluang lolos karena sudah mengumpulkan 3 poin hasil kemenangan atas Belgia pada pertandingan pertama. Belgia berada di posisi keempat karena belum meraih poin.

Kedua tim menyabet hasil berbeda dalam aksi perdana mereka di Euro 2024. Slovakia secara mengejutkan berhasil menyabet kemenangan 1-0 atas tim unggulan Belgia. Sementara Ukraina menelan kekalahan telak 0-3 saat bertemu Rumania.

Ukraina akan memainkan partai penentuan, yakni melawan Belgia pada Rabu (26/6/2024) mendatang. Demikian juga Slovakia yang akan bertemu Rumania dalam pertandingan yang bersamaan dengan Ukraina melawan Belgia.

Susunan pemain:

Slovakia (4-3-3):
Martin Dúbravka; Peter Pekarík, Denis Vavro, Milan Skriniar, David Hancko; Jurac Kucka, Stanislav Lobotka, Ondrej Duda; Ivan Schranz, Robert Bozenik, Lukas Haraslin

Pelatih: Francesco Calzona

KEYWORD :

Euro 2024 Slovakia vs Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :